Sukses

Lenovo Perkenalkan ThinkPad Z13 dan Z16 yang Mengusung Bahan Daur Ulang

Lenovo memperkenalkan seri baru laptop ThinkPad mereka yaitu ThinkPad Z13 dan Z16

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo meluncurkan seri terbaru laptop ThinkPad mereka yaitu ThinkPad Z13 dan Z16, yang mengusung tampilan baru dengan bahan daur ulang.

Lenovo mengatakan, desain baru dalam laptop di ThinkPad Z Series ini menjawab perubahan perilaku masyarakat terhadap teknologi, merespon dampak teknologi terhadap lingkungan, dan proses pembuatan komponen mentah.

Dalam siaran persnya, Senin (10/1/2022), Lenovo menyebut ThinkPad baru ini tidak hanya menghadirkan warna premium dengan aksen individualistik seperti warna perunggu dan abu-abu arktik.

Mereka juga menghadirkan produk dengan material yang lebih tahan lama seperti bahan aluminium daur ulang yang tersedia dalam warna abu-abu arktik, hitam, atau hadir dengan material kulit vegan berwarna hitam yang bisa didaur ulang.

"Upaya keberlanjutan ini meluas pada bentuk kemasan yang terbuat dari 100 persen bambu dan tebu yang bisa didaur ulang dan dapat dikomposkan, serta adaptor daya AC yang menggunakan 90 persen Post-Consumer Content (PCC)," tulis perusahaan.

ThinkPad Z13 dan Z16 akan didukung oleh Next-Gen AMD Ryzen PRO Processors untuk mobile, serta akan menampilkan prosesor keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang kuat dari chip hingga cloud di PC Windows 11.

Menurut Lenovo, prosesor keamanan Microsoft Pluton pun dirancang dan diperbarui oleh Microsoft dan memperkuat PC Windows 11 yang baru dengan perlindungan untuk identitas, data, dan aplikasi. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan AMD

Lenovo juga menyebut telah berkolaborasi dengan AMD untuk menghadirkan desain platform yang canggih, merampingkan semua aspek sistem dari silikon hingga perangkat keras dan perangkat lunak.

ThinkPad Z13 dipadukan dengan prosesor Next-Gen AMD Ryzen 7 PRO, yang dioptimalkan untuk menghadirkan performa audio dan video yang mulus, memaksimalkan responsivitas, dan menghadirkan daya tahan baterai yang luar biasa di aplikasi seperti Teams dan Zoom.

ThinkPad Z16 juga dapat dikonfigurasi dengan discrete graphics AMD Radeon baru dengan teknologi AMD yang dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pembuatan konten untuk kebutuhan yang lebih tinggi, serta kebutuhan untuk casual gaming.

Ketika dipasangkan dengan prosesor Ryzen, AMD Smart Shift Max menawarkan peningkatan daya seketika untuk CPU dan GPU serta Smart Shift Eco yang dirancang khusus untuk memaksimalkan efisiensi baterai.

Thinkpad Z13 dan Z16 sendiri diklaim masih menggemakan prinsip desain utama dan engineering yang telah menjadi ciri khas dari merek ini. Layar juga telah dioptimalkan dengan bezel ultra-narrow dan rasio aspek 16:10 untuk mendukung kegiatan produktif.

Konferensi audio dan video telah ditingkatkan melalui Communications Bar baru yang menampung webcam FHS dan lebih baik, dengan sensor 1,4 yang lebih besar dan mikrofon-dual array.

ForcePad haptic kaca 120mm yang lebih besar juga disebut dapat berjalan dengan mulus melalui palm-rest berbahan kaca, yang diperkenalkan untuk input yang cepat dan mudah. Mereka yang akrab dengan TrackPoint merah ikonik akan melihat fungsionalitas baru.

 

3 dari 4 halaman

Mulai Tersedia Mei 2022

Jerry Paradise, Vice President, Global Commercial Product Portfolio, Lenovo PC and Smart Devices mengatakan, meski bangga dengan ThinkPad-nya, menurutnya ada sedikit waktu utnuk berefleksi.

"Selanjutnya kami akan berusaha untuk menyenangkan para pelanggan baru maupun mereka yang sudah menggunakan ThinkPad," kata Paradise.

"Inovasi merupakan hal dalam DNA kami mulai, dari desain dan pengembangan hingga rekayasa juga rantai pasokan," imbuhnya.

Paradise melanjutkan, mereka akan terus "mendorong batasan-batasan yang ada, membuat berbagai perubahan dan bekerja sama dengan mitra dekat" seperti AMD dan Microsoft untuk menghadirkan produk seperti ThinkPad Z13 dan Z16

Baik ThinkPad Z13 dan Z16 akan mulai tersedia mulai Mei 2022. Z13 akan dilepas ke pasar dengan harga US$ 1.549 (sekitar Rp 22,2 juta), sementara Z16 akan dibanderol dengan harga US$ 2.099 (sekitar Rp 30 juta).

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.