Sukses

Akun Instagram Medina Zein Hilang, Mungkin Ini Penyebabnya

Medina Zein mengaku sedang berusaha mengembalikan akun Instagram miliknya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Medina Zein ditetapkan sebagai tersangka dugaan pencemaran nama baik atas laporan Marissya Icha. Ia dijerat Pasal 310 dan 311 KUHP dan atau Pasal 27 Ayat 3 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Terlepas dari kasus tersebut, akun Instagram resmi Medina Zein dengan nama @medinazein menghilang. "Maaf, halaman ini tidak tersedia," demikian keterangan Instagram.

Diketahui, melalui akun cadangannya @medinazein92, ia mengaku sedang berusaha mengembalikan akun miliknya tersebut.

"Sorry guys aku off DM dulu ya mau healing. Sekarang team aku berusaha balikin akun aku yang @medinazein. Tapi Insya Allah kembali (harus yakin)," tulis Medina Zein, dikutip Kamis (6/1/2022).

"Tapi walaupun nggak bisa, it's okay. Mungkin tahun ini harus buka lembaran baru. Banyak belajar dan ikhlas. Terlebih aku sadar karena itu sifatnya hanya duniawi," sambungnya.

Terkait hilangnnya akun IG Medina Zein, sebenarnya apa saja yang membuat sebuah akun Instagram bisa dinonakftikan dan hilang mendadak?

Mengutip kebijakan layanan Instagram, pada bagian Ketentuan Penggunaan, terdapat poin mengenai penghapusan konten, penonaktifan, atau penghentian akun.

Instagram mengatakan, pihaknya dapat menghapus konten atau informasi apa pun yang dibagikan di layanannya jika Instagram meyakini bahwa hal tersebut telah melanggar Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas Instagram.

"Kami dapat menolak untuk menyediakan atau berhenti menyediakan semua atau sebagian Layanan kepada Anda, termasuk menghentikan atau menonaktifkan akses Anda ke Produk Facebook dan Produk Perusahaan Facebook, secepatnya guna melindungi komunitas atau layanan kami," kata Instagram.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Melanggar Ketentuan

Selain itu, menurut panduan Instagram, penghapusan juga bisa dilakukan karena pengguna membuat sesuatu yang menyebabkan risiko atau paparan hukum bagi Instagram.

Penghapusan pun dapat dilakukan jika si pengguna melanggar Ketentuan Penggunaan atau kebijakan, termasuk Pedoman Komunitas Instagram.

"Kami juga dapat menghentikan atau mengubah Layanan, menghapus, atau memblokir konten maupun informasi yang dibagikan di Layanan kami, berhenti menyediakan semua atau sebagian layanan jika kami memutuskan tindakan tersebut secara wajar diperlukan...," kata Instagram.

 

3 dari 6 halaman

Pelanggaran Batasan

Dalam Pedoman Komunitas-nya, Instagram memang menyebut ketika pengguna melanggar batasan-batasan akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun, atau larangan lainnya.

Pelanggaran yang dimaksud pun cukup luas, misalnya mengunggah foto atau konten milik orang lain, mengunggah foto atau video yang menampilkan kelanjangan, mengunggah komentar spam, unggah komentar yang sama berkali-kali, mengunggah konten berisi ancaman serius, ujaran kebencian, aktivitas perdagangan ilegal, serta mengunggah gambar kekerasan.

Mengutip informasi dari laman Follow Chain, hal lain yang mungkin terjadi adalah ketika ada pengguna-pengguna lain yang melaporkan akun tersebut. Dari sini, Instagram akan melakukan konfirmasi, benarkah konten milik si pengguna ini melanggar Kebijakan Komunitas? Jika iya, akun tersebut bisa saja dinonaktifkan.

Namun sebelum sebuah akun dinonaktifkan, Instagram akan memberi peringatan jika akun seorang pengguna mungkin akan dinonaktifkan. Peringatan ini diberikan melalui notifikasi.

Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin dapat mengajukan banding di aplikasi, sebelum Instagram menghapus akun tersebut. 

4 dari 6 halaman

Apa yang Bisa Dilakukan Pemilik Akun?

Masih berdasarkan Ketentuan Instagram, bagi pengguna yang akun Instagram-nya dinonaktifkan, ia akan melihat sebuah pesan yang memberi tahu ketika mereka mencoba login.

"Akun yang tidak mematuhi Pedoman Komunitas atau Ketentuan Penggunaan kami bisa dinonaktifkan tanpa peringatan," kata Instagram.

Pihak Instagram juga menyarankan agar pengguna meninjau Pedoman Komunitas dengan seksama beserta unggahan di semua akun yang mereka buat.

"Ingat bahwa kami bisa menghapus secara permanen akun yang berulang kali melanggar Panduan Komunitas atau Ketentuan Penggunaan," kata Instagram.

 

5 dari 6 halaman

Bisa Ajukan Banding

Instagram juga menyebut, jika ada pengguna yang merasa akun mereka secara keliru telah dinonaktifkan, mereka dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut dengan cara membuka aplikasi, memasukkan nama pengguna dan sandi, serta mengikuti petunjuk selanjutnya.

"Jika Anda tidak melihat pesan penonaktifan, Anda mungkin mengalami masalah login. Jika Anda atau seseorang yang memiliki kata sandi Anda menghapus akun Anda, akun tersebut tidak bisa dipulihkan," katanya.

Instagram pun mempersilakan pengguna yang akunnya sudah tidak bisa diaktifkan untuk membuat akun baru dengan alamat email yang sama. Namun, mereka tidak bisa menggunakan nama pengguna yang sama.

6 dari 6 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.