Trafik Internet XL Naik Drastis Saat Nataru Dipicu Akses Streaming dan Medsos

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Jan 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 05 Jan 2022, 17:30 WIB
XL Axiata
Perbesar
Ilustrasi XL Axiata (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mencatat peningkatan trafik internet hingga 38 persen saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan trafik data tertinggi terjadi pada Natal (7 persen) dan Tahun Baru (15 persen) dibandingkan hari normal. Peningkatan ini didominasi layanan streaming hingga media sosial.

Berdasarkan data, tingginya aktivitas digital dilakukan dalam mengisi masa liburan. Trafik internet di area permukiman tetap naik sekitar 2 persen di hari normal.

Beberapa kawasan permukiman/ perumahan mengalami kenaikan tersebut, terutama di Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang, dan sebagainya.

Dari keseluruhan trafik layanan, terjadi dominasi trafik dari aktivitas web browsing (42 persen), media sosial (29 persen), video streaming (21 persen), games (4 persen), dan lain-lain (4 persen).

Dari sisi trafik, aktivitas video call dan conference, Facebook meningkat 27 persen, Telegram 22 persen, Line dan WhatsApp masing-masing 10 persen. Sementara Instagram naik 33 persen, WhatsApp 30 persen, Twitter 19 persen, dan Facebook 18 persen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Streaming Musik dan E-commerce

Cegah Kebocoran Anggaran Kuota Data dengan Paket Internet Keluarga dari XL
Perbesar
XL Axiata telah meluncurkan Paket Akrab, satu kuota untuk internetan sekeluarga.

Layanan streaming musik Joox juga baik 24 persen dan iTunes naik 11 persen. Di sisi gaming, trafik gim Mobile Legends naik 210 persen, Roblox 90 persen, dan Hago 11 persen.

Begitu pula dengan trafik e-commerce/ belanja online naik 62 persen serta layanan traveling naik 95 persen. Seperti tahun sebelumnya, selama masa libur panjang, trafik ke layanan navigasi peta meningkat 13 persen dan layanan pembayaran digital justru turun 1 persen.

Di sisi lain, trafik layanan legacy yakni percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan 3 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, XL Axiata menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan seama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022.

XL Axiata memandang dinamika yang ada di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata.


Upaya XL Axiata Jaga Layanan

XL Axiata
Perbesar
Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa meninjau pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata di Jakarta. (Foto: XL Axiata).

"Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meskipun belum seperti saat sebelum pandemi," kata Gede, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Rabu (4/2/2021).

Untuk memenuhi kenaikan tersebut, XL Axiata menjaga kualitas layanan, antara lain dengan meningkatkan kapasitas hingga 2x, pengerahan mobile BTS, menyiapkan genset dengan bahan bakar di area-area rawan bencana, dan kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu jaringan di sekitarnya.

Sekadar informasi, saat ini XL Axiata melayani 57,98 juta pelanggan dengan lebih dari 153 ribu BTS, termasuk 69 ribu di antaranya berjaringan 4G.

XL Axiata menyebut terus memperluas jaringan 4G LTE yang kini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan juga berinvestasi di jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya