Trafik Internet Indosat Ooredoo Melonjak 24 Persen Saat Tahun Baru 2022

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Jan 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 03 Jan 2022, 10:30 WIB
Persiapan Indosat Ooredoo menghadapi lonjakan trafik saat Natal dan Tahun Baru
Perbesar
Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik internet hingga 24 persen sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2022. (Foto: Indosat Ooredoo).

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo mencatatkan lonjakan trafik internet 24 persen pada 1 Januari 2022. Kenaikan trafik internet pelanggan itu 98 persennya dilayani di jaringan 4G.

Perusahaan mengklaim berhasil mempertahankan performa mereka dalam mengantisipasi kebutuhan digital para penggunanya sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, mengatakan, meski terjadi lonjakan trafik tinggi Indosat tetap bisa memberikan pengalaman digital terbaik untuk pelanggan berkat perluasan jaringan 4G berkualitas video.

Selain itu Indosat Ooredoo juga mengimplementasikan Command Center yang didukung Network Operation Center berbasis artificial intelligence dan machine learning.

Sekadar informasi, selain peningkatan trafik 24 persen pada saat Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatat pada hari Natal, ada kenaikan trafik 14 persen dibandingkan trafik saat hari normal.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


YouTube, FB, hingga TikTok Paling Banyak Diakses

Indosat Ooredoo
Perbesar
Ilustrasi Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Perusahaan menyebutkan, peningkatan trafik data terjadi di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi.

Trafik data tercatat naik juga di luar Pulau Jawa, seperti di Balikpapan, Manado, dan Samarinda. Adapun aplikasi yang paling banyak diakses mulai dari YouTube, Facebook, WhatsApp, TikTok, dan Instagram.

Indosat Ooredoo sebelumnya juga melakukan uji jaringan di beberapa area publik, dan pemukiman yang diperkirakan mengalami peningkatan trafik. Misalnya di tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.


Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Indosat Ooredoo
Perbesar
Ilustrasi: BTS Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Sebelumnya, untuk memenuhi kenaikan trafik hingga 25 persen dibanding hari biasa, Indosat Ooredoo mempersiapkan kapasitas jaringan 44 PB (Petabyte) per hari. Indosat mengklaim, kapasitas ini lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video.

Sekadar informasi, data internal Indosat Ooredoo mencatat, ada kenaikan trafik internet 10 persen secara nasional pada awal masa libur Natal dan Tahun Baru (Naru).

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, "Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun dengan jaringan yang handal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan."

Vikram berharap, dengan kapasitas yang dipersiapkan, masyarakat diharapkan bisa mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan orang-orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya