Review Redmi Watch 2 Lite dan Buds 3: Pasangan Xiaomi yang Cocok Temani Olahraga

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 03 Jan 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Jan 2022, 08:00 WIB
Redmi Watch 2 Lite (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Redmi Watch 2 Lite (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi pada Desember 2021 merilis beberapa produk di jajaran wearable devices di antaranya adalah Redmi Watch 2 Lite dan Redmi Buds 3.

Sekilas soal spesifikasi, Redmi Watch 2 Lite memiliki layar 1,55 inci dan mampu melacak lebih dari 100 fitness mode. Dia juga mendukung sinkronisasi ke sejumlah aplikasi populer seperti Strava.

Selain itu, perangkat ini juga mendukung 5ATM dan memiliki fitur pengukur tingkat saturasi oksigen. Xiaomi mengatakan, smartwatch ini bisa bertahan hingga 10 hari dalam sekali pengisian daya.

Sementara untuk Redmi Buds 3, memiliki bobot 4,5 gram dengan kualitas audio 12mm dynamic driver. Baterainya juga disebut mendukung pemakaian hingga 20 jam pemakaian.

True Wireless Stereo (TWS) ini juga dibekali dengan IP54 sehingga aman dari cipratan hujan atau keringat. Dia juga dibelaki Bluetooth 5.2.

Beberapa pekan terakhir, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kedua produk tersebut. Berikut ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Redmi Watch 2 Lite

Redmi Watch 2 Lite (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Redmi Watch 2 Lite (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Desain

Dari segi bentuk, Redmi Watch 2 Lite punya desain yang keren meski tampil sederhana. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga cocok buat kamu yang tak suka pakai jam tangan berukuran besar.

Strap-nya pun juga nyaman di tangan serta tidak menimbulkan masalah pada kulit, khususnya saat saya berkeringat di kala berolahraga. Patut dicatat, kondisi kulit setiap orang bisa berbeda-beda.

Fitur dan Performa

Fitur yang ditawarkan di Watch 2 Lite sendiri lumayan lengkap. Saat menggunakannya, saya menyandingkannya dengan aplikasi Xiaomi Wear di Redmi Note 10 Pro biar pengalaman ekosistem Xiaomi lebih terasa.

Layarnya cukup responsif saat disentuh. User interface-nya juga enak dilihat dan tidak membingungkan.

Meski begitu, fitur mengaktifkan layar saat mengangkat tangan sedikit kurang responsif sehingga harus ditunggu selama beberapa saat.

Sementara untuk baterai, jika tidak digunakan secara intensif dan terus menerus, hanya sekadar nyala menunjukkan jam (waktu), daya tahan baterainya bisa bertahan hingga lebih dari 10 hari.

Secara keseluruhan, saya cukup nyaman dalam menggunakan Redmi Watch 2 Lite. Perangkat ini juga biasa saya gunakan untuk mengukur langkah ketika sedang jalan kaki di luar ruangan.


Redmi Buds 3

Redmi Buds 3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Redmi Buds 3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Desain

Redmi Buds 3 hadir dengan desain sederhana. Sayang, warnanya yang putih, khususnya untuk charging case-nya, membuatnya jadi lebih rentan terlihat kotoran.

Fitur dan performa

Untuk fitur, TWS ini punya sensor pada Multi Function Touch Area yang cukup responsif. Jika pengguna ingin mem-pause lagu, cukup melepas salah satu perangkat dari telinga atau menekan punggung earbud sedikit lebih lama.

Sementara tap dua kali digunakan untuk memainkan lagu berikutnya dan tap tiga kali untuk memainkan lagu sebelumnya.


Kualitas Suara Redmi Buds 3

Redmi Buds 3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Redmi Buds 3 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Dari segi suara, echo cancelling dan noise suppression sebenarnya membantu menyaring suara-suara bising dari sekitar kita, khususnya jika tidak ingin terganggu saat sedang mendengarkan musik.

Meski begitu, suara yang dihasilkan sebenarnya tidak terlalu spesial. Cenderung sedikit pecah meski bass-nya cukup terasa.

Untuk suara sebenarnya saya masih memaklumi, mengingat TWS ini bukan earbud dengan tip silikon yang bisa dimasukkan lebih dalam di ke telinga. Namun saya lebih nyaman memakai earbud semacam ini.

Untuk baterai, pemakaian yang tidak terlalu intens dan terus menerus juga membuatnya bisa bertahan lebih dari sepekan.

Saya sendiri paling sering dan nyaman menggunakan Redmi Buds 3 bersamaan dengan Redmi Watch 2 Lite (dan Redmi Note 10 Pro) untuk berolahraga sepeda indoor.

Namun untuk jalan kaki di luar ruangan, saya menghindari memakai Redmi Buds 3 atau perangkat TWS apa pun. Alasannya? Ya tentu saja supaya fokus dengan lingkungan sekitar saya.

Ekosistem Xiaomi Redmi
Perbesar
Redmi Watch 2 Lite bersama Redmi Buds 3 dan Redmi Note 10 Pro (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Kesimpulan

Redmi Watch 2 Lite dan Redmi Buds 3 adalah perangkat Xiaomi yang tepat bagi kamu yang merasakan hidup dalam ekosistem Xiaomi.

Selain itu, kedua perangkat ini juga cocok untuk kamu yang suka berolahraga indoor.

(Dio/Isk)


Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya