Sukses

Daftar Laga Esports Ini Paling Banyak Ditonton di Tahun 2021

Berikut ini daftar laga esports dengan jumlah penonton terbanyak di tahun 2021 menurut Esports Charts

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan esports semakin diminati di 2021. Beberapa laga sampai ditonton oleh jutaan mata meski disiarkan secara daring.

Esports Charts atau Escharts baru-baru ini merilis daftar pertandingan esports paling banyak ditonton di tahun 2021.

Dikutip dari blog resminya, Sabtu (1/1/2022), Escharts mencatat daftar mereka ini berdasarkan indikator Peak Viewers dan tidak melihat statistik layanan streaming Tiongkok. Selain itu, game battle royale juga tidak dimasukkan dalam peringkat.

Escharts mengungkapkan pertandingan paling populer tahun 2021 adalah League of Legends Worlds 2021 Grand Final antara EDward Gaming dan DWG KIA dengan 4 juta Peak Viewers.

"Worlds 2021 sejauh ini merupakan turnamen esport paling populer sepanjang masa, kecuali jika kita mempertimbangkan genre battle royale (dalam hal ini dilewati oleh Free Fire World Series 2021 Singapura)."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertandingan Tim Indonesia

Laga di tempat kedua juga masih berasal dari Worlds 2021 di mana pertandingan ini menjadi derby Korea antara T1 dan DWG KIA yang berhasil mengumpulkan 3,5 juta pemirsa.

Untuk laga terpopuler peringkat ketiga dan keempat diisi oleh laga dari M3 World Championship, di mana keduanya diikuti oleh tim Indonesia RRQ Hoshi.

Di tempat ketiga terdapat laga playoff antara RRQ Hoshi melawan Onic PH yang menyedot perhatian hingga 3,19 juta penonton. Sementara di bawahnya ada RRQ Hoshi vs Blacklist International dengan 3,1 juta penonton.

Daftar tersebut juga mengungkapkan, pertandingan Mobile Legends: Bang Bang Indonesia, MPL ID Season 8 berada di tempat ke-10 dengan laga ONIC vs EVOS Legends menyedot 2,3 juta pemirsa.

3 dari 4 halaman

Laga di The International 10

Grand final The International 10 antara PSG.LGD vs Team Spirit menjadi satu-satunya laga Dota 2 yang masuk 10 besar tahun ini, dengan menyedot perhatian 2,7 juta penonton.

Satu-satunya turnamen non-MOBA dalam daftar ini adalah laga di PGL Major Stockholm 2021, pertandingan Counter Strike: Global Offensive, antara G2 dan Natus Vincere dengan 2,7 juta penonton di peringkat keenam.

"Disiplin League of Legends, Dota 2, dan CS:GO sudah tidak asing lagi bagi kita, tetapi kehadiran Mobile Legends: Bang Bang di peringkat jelas menunjukkan seberapa jauh judul-judul mobile mendekati hasil game PC."

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Board Game Klasik Bikin Libur Akhir Tahun Jadi Asyik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.