Sukses

4 Fitur Baru Telegram yang Patut Kamu Coba Jelang Tahun Baru 2022

Mengutip darri keterangan resminya, Jumat (31/12/2021), berikut ini adalah 4 fitur baru Telegram yang patut kamu coba jelang tahun baru 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Telegram telah menjadi salah satu aplikasi chatting pesaing WhatsApp, dan cukup populer dipakai oleh pemilik smartphone di berbagai negara.

Dengan semakin banyaknya pengguna, Telegram terus memberikan update, perbaikan keamanan dan mengatasi bug yang bisa mengganggu pengalaman saat memakai aplikasi chatting ini di HP Android atau iOS.

Selain dari itu, Telegram juga terus menghadirkan berbagai fiturr baru bagi para penggunanya.

Mengutip darri keterangan resminya, Jumat (31/12/2021), berikut ini adalah 4 fitur baru Telegram yang patut kamu coba jelang tahun baru 2022.

1. Reactions

Telegram Reactions diperkenalkan jelang tahun baru 2022. (Doc: Telegram)

Telegram adalah aplikasi chatting pertama yang memperkenalkan emoji animasi dan interaktif, sehingga pengguna dapat lebih bebas berekspresi saat ngobrol.

Untuk pakai fitur reaction ini, kamu dapat mengklik dua kali di chat untuk memberikan reaksi cepat (quick reaction).

Kamu bisa memberikan reaction seperti 😁 🎉 😱 🔥 👎 dengan men-tap pesan (atau tap dan tahan di iOS). Setiap reaction akan memiliki animasi unik mereka masing-masing.

Untuk pengaturan reaksi secara cepat, kamu bisa masuk atur di Pengaturan atau Settings. Androrid : Chat Settings > Quick Reaction. iOS: Stickers and Emoji > Quick Reaction.

Telegram Reactions akan selalu muncul di chat, tetapi saat ngobrol di grup atau channel semuanya diatur secara langsung oleh admin. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Spoilers

Telegram memperkenalkan fitur Spoilers di dalam aplikasi. (Doc: Telegram)

Pengen ngobrol tentang after credits film Spider-Man: Now Way Home atau ending season 2 The Witcher? Jangan khawatir, Telegram ada fitur Spoilers.

Dengan fitur ini, kamu dapat menyembunyikan teks berisikan spoiler tersebut agar sebagai peringatan untuk lawan bicara kamu ada informasi penting.

Bila ingin membaca, lawan bicara kamu dapat men-tap chat yang sudah disembunyikan tersebut untuk mengungkap isinya.

Tap dan blok teks yang tidak ingin di spoiler, lalu pilih opsi format teks (ikon BIU), dan tap Spoiler. Nanti tulisan yang diblok akan disamarkan.

3. Terjemahkan Pesan

Dipakai oleh setengah miliar pengguna di berbagai negara, fitur penerjemah ini dapat menjadi pilihan bagi kamu saat berkomunikasi dengan lawan bicara yang berbeda bahasa di grup publik dan channel.

Kini kamu tidak perlu lagi pakai Google translate untuk mengetahui terjemahan chat, semuanya dapat dilakukan langsung di aplikasi.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan > Bahasa. Klik "Show translate button" untuk pakai fitur ini saat sedang chatting.

 

3 dari 3 halaman

4. Tema di QR Code

Kamu dapat membuat tema kode QR (QR code) berbeda ketika membagikannya ke pengguna lainnya. Fitur ini juga berfungsi untuk grup, channel, dan bot.

Dengan begini, lebih mudah untuk menunjukkan blog atau klub penggemar favorit kamu kepada seseorang.

Ketuk ikon kode QR baru di sebelah nama kamu (atau halaman info obrolan), pilih warna dan pola yang diinginkan, lalu cetak, posting, atau bagikan kode QR Anda ke aplikasi lain.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini