Sukses

Samsung Mulai Gulirkan One UI 4 untuk Smartphone dan Tablet

Samsung diketahui menggulirkan One UI 4 berbasis Android 12 ke sejumlah pengguna perangkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui sudah mulai menggulirkan update One UI 4 untuk para pengguna. Selain smartphone, tablet pun kini diketahui sudah mulai mendapatkan One UI terbaru berbasis Android 12 tersebut.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (31/12/2021), pembaruan diawali untuk lini Galaxy S21 dan foldable. Meski sempat mengalami kendala, pembaruan untuk kedua lini tersebut sudah kembali berjalan normal.

Setelah Galaxy S21, lini lain yang juga mendapatkan pembaruan One UI 4 adalah lini Galaxy S20 termasuk Galaxy Note20. Disusul kemudian, ada lini Galaxy S10.

Terbaru, giliran Galaxy Tab S7 dan Galaxy S7 Plus yang dilaporkan juga mendapatkan pembaruan ini. Namun perlu diingat, pembaruan ini baru dilakukan di sejumlah negara, terutama di wilayah Eropa.

Oleh sebab itu, pengguna di negara lain perlu bersabar karena pembaruan biasanya dilakukan secara bertahap. Kemungkinan One UI terbaru ini akan hadir ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu ke depan. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Fitur One UI 4 yang Baru Diluncurkan Samsung

Untuk diketahui, Samsung beberapa waktu lalu mengumumkan peluncuran One UI 4, yang akan hadir di seri Galaxy S21, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra, mulai 15 November 2021.

Samsung mengatakan, dengan opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem yang terus berkembang, One UI 4 "menghadirkan pengalaman mobile yang lebih cangguh, membuat pengguna memegang kendali penuh."

Janghyun Yoon, Executive Vice President dan Head of Software Platform Team, Mobile Communications Business, Samsung Electronics mengatakan, mereka berkomitmen untuk memberikan akses ke pengalaman mobile terbaik.

"One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

Namun Yoon mengatakan mereka tidak akan berhenti di sana. Menurutnya, segera, pengguna smartphone dan tablet Samsung lain juga akan bisa memanfaatkan pembaruan perangkat lunak tersebut.

3 dari 4 halaman

Tampilan dan Widget

Samsung mengungkapkan, ada beberapa pembaruan yang disematkan ke perangkat melalui One UI 4.

Pertama, One UI 4 menghadirkan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih. Pengguna bisa mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

"Singkatnya, user Interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan," kata Samsung.

Widget juga dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail. Ini membantu mengekspresikan signature style di smartphone menjadi sangat mudah.

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam, mulai dari visibilitas hingga tampilan.

Pengguna dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Pengguna juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini