Sukses

Kalah dari Thailand di Leg 1 Final Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam: Belum Usai

Sebelumnya, aksi Asnawi Mangkualam di laga melawan Singapura sempat menjadi sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia ditaklukkan Thailand dalam Leg 1 Final Piala AFF 2020 pada Rabu malam dengan skor tak terbalas 4-0.

Meski begitu, salah satu pemain Timnas Garuda, Asnawi Mangkualam melalui akun Instagram resminya, dikutip Rabu (30/12/2021), menegaskan bahwa pertandingan belum selesai.

"Hasbunallah Wanikmal Wakil," kata Asnawi melalui akun asnawi_bhr. "Belum usai!!" tegasnya.

Unggahan Asnawi ini pun mendapatkan respon berupa dukungan dari warganet, termasuk akun-akun centang biru alias para tokoh publik seperti Teuku Wisnu, Roy Ricardo, hingga Arie Untung. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AMB. (@asnawi_bhr)

Baru-baru ini Asnawi juga dikabarkan mendapat teguran dari pelatih Shin Tae-yong usai aksinya di laga kedua melawan Singapura pada pertandingan leg 2 semifinal Piala AFF lalu.

Hal ini usai beredarnya foto Asnawi seakan mengejek Faris Ramli, yang baru saja gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Indonesia. Warganet bahkan menjadikan momen tersebut sebagai bahan meme.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditegur Shin Tae-yong

Mengutip Bola.com, tidak diketahui secara spesifik apa yang dikatakan Asnawi kepada Faris Ramli. Namun, Shin Tae-yong tetap tidak membenarkan perilaku pemain Ansan Greeners itu.

"Saya tidak melihat kejadian itu di stadion, akan tetapi saya terkejut ketika melihat video rekaman setelah pertandingan. Setelah makan siang kemarin, saya langsung memarahi Asnawi," kata Shin Tae-yong.

"Saya katakan jika itu terjadi sekali lagi saat saya melatih Timnas Indonesia, jangan pernah berpikir untuk main di tim ini lagi," tegas Shin Tae-yong dikutip The JoongAng.

3 dari 4 halaman

Indonesia Kalah dari Thailand

Sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 yang diadakan di National Stadium, Singapura.

Chanathip Songkrasin mengawali mimpi buruk Timnas dengan mencetak gol di menit ke-2 dan 52. Sementara, gol lain dicetak Supachok Sarachat ('67) dan Bordin Phala ('83).

Adapun, leg kedua Indonesia vs Thailand akan berlangsung sebagai pembuka Tahun Baru 2022 pada Sabtu, 1 Januari, pukul 19.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Infografis Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.