Sukses

Terungkap Alasan Thailand Turunkan Kiper Kawin Thamsatchanan, Warganet: Respect

Warganet juga mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya ayah dari kiper Timnas Thailand Kawin Thamsatchanan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah keunggulan 3-0 atas Indonesia di leg pertama Final Piala AFF 2020, tim nasional Thailand tiba-tiba mengganti kiper Siwarak Tedsungnoen dengan Kawin Thamsatchanan.

Pergantian Siwarak yang tidak mengalami cedera ini bahkan menimbulkan tudingan bahwa Thailand "mengejek" Timnas Indonesia yang saat itu sudah tertinggal jauh.

Namun belakangan terungkap, pelatih Alexandre Polking sengaja memasukkan Kawin di menit ke-75, sebagai penghormatan kepada dirinya yang sedang berduka akibat berpulangnya sang ayah.

Mengutip laporan Bola Liputan6.com, Rabu (30/12/2021), Polking pun menepis dirinya tidak menghormati Indonesia.

"Saya menempatkan Kawin (saat menang 3-0) ke lapangan agar dia bisa terhibur dalam pertandingan. Karena semua orang tahu ayahnya baru saja meninggal," kata pelatih kelahiran Brasil itu.

Pertandingan ini sendiri menjadi laga pertama Kawin di Piala AFF 2020.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turut Berbelasungkawa

Diungkapnya fakta ini pun mengubah asumsi beberapa warganet yang awalnya mengira apa yang dilakukan Thailand adalah untuk menunjukkan keunggulan mereka.

Warganet di Twitter pun juga mengucapkan turut berbelasungkawa kepada Kawin, bahkan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pelatih Timnas Thailand kemarin malam.

3 dari 4 halaman

Tak Biarkan Duka Berlarut-larut

Mengutip Bola.com, terkait apa yang dilakukan sang pelatihnya tadi malam, Kawin pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan bagi dia dan keluarganya.

Namun, Kawin menegaskan tidak ingin berlarut dalam duka dan bertekad memberikan gelar Piala AFF 2020 untuk Thailand.

"Bagaimanapun, ada satu pertandingan tersisa untuk menghibur kami, yakni dengan cara memenangi gelar," kata kiper 31 tahun itu.

Dalam pertandingan pada Rabu malam sendiri, Timnas Garuda berhasil ditundukkan skuat Gajah Perang dengan skor tanpa balas 4-0.

Leg kedua Final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan berlangsung sebagai pembuka Tahun Baru 2022 pada Sabtu, 1 Januari, pukul 19.30 WIB.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.