Sukses

WhatsApp Bakal Punya Tampilan Baru saat Panggilan Suara

WhatsApp disebut-sebut akan memiliki tampilan baru saat panggilan suara. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Meski tahun 2021 sudah memasuki ujungnya, WhatsApp masih menyiapkan fitur baru yang akan diluncurkan sesegera mungkin. Salah satunya adalah tampilan antarmuka baru untuk saat pengguna melakukan panggilan suara.

Mengutip 9to5Mac, Kamis (23/12/2021), berdasarkan informasi dari WABetaInfo, antarmuka baru untuk panggilan suara ini tengah dalam pengembangan. Artinya, tidak ada penguji beta publik yang bisa mencobanya untuk saat ini.

Namun, WABetaInfo menyebutkan, fitur baru WhatsApp berupa tampilan antarmuka ini akan tersedia pada update mendatang untuk pengguna iOS dan Android.

Tampilan antarmuka panggilan WhatsApp (Foto: WABetaInfo).

"WhatsApp mendesain ulang antarmuka untuk update di masa mendatang, agar tampilan saat panggilan suara bisa lebih ringkas dan modern. Desain baru ini akan terlihat bagus, terutama saat melakukan panggilan suara grup," kata WABetaInfo dalam laporannya.

Meski pada pandangan pertama sepertinya tidak banyak perubahan, antarmuka tampilan saat panggilan suara WhatsApp ini disebut-sebut lebih halus ketimbang versi saat ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indikator Enkripsi End-to-End

Tidak hanya itu, WABetaInfo juga mengatakan, WhatsApp tengah mengerjakan indikator untuk enkripsi end-to-end. Seperti yang diketahui, WhatsApp telah menerapkan enkripsi end-to-end selama bertahun-tahun di layanan pesan pribadi para pengguna.

Mengingat hal tersebut, tim di belakang WhatsApp memutuskan untuk menghadirkan tambahan visual baru, sehingga pengguna bisa yakin bahwa panggilan suaranya juga akan dienkripsi end-to-end.

"Bahkan WhatsApp dan induknya, Meta, tidak bisa membaca atau mendengarkan percakapan. WhatsApp ingin mengingatkan ke pengguna, platformnya adalah tempat yang aman untuk berbicara dengan teman dan keluarga mereka. Jadi, WhatsApp berencana untuk memperkenalkan dua indikator di update mendatang," tulis WABetaInfo.

Kedua indikator yang dimaksud akan ditampilan di panggilan pribadi maupun di bawah chat.

3 dari 4 halaman

Admin Bisa Hapus Chat dari Anggota Grup WhatsApp

Terlepas dari itu, sebuah laporan dari WABetaInfo baru-baru ini menyebutkan, WhatsApp sedang menguji fitur untuk membuat admin grup dapat menghapus pesan di dalam sebuah group chat.

"Hari ini, WhatsApp telah merilis pembaruan 2.22.1.1, pembaruan beta pertama untuk tahun depan," tulis WABetaInfo dalam laman mereka, dikutip Kamis (23/12/2021).

"Pembaruan ini mengungkapkan rencana baru tentang penghapusan pesan dalam grup, di pembaruan mendatang kemampuan untuk menghapus pesan masuk untuk semua orang jika Anda adalah admin grup," kata mereka.

Nantinya saat sebuah pesan dihapus, jejaknya akan menampilkan tulisan "Ini telah dihapus oleh admin" beserta siapa yang menghapusnya.

(Tin/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Infografis WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini