Sukses

Daftar Top Skor Piala AFF 2020, Irfan Jaya Masuk 5 Besar

Irfan Jaya kini masuk dalam daftar lima besar top skor sementara di kompetisi Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Piala AFF 2020 telah mencapai babak semifinal. Babak ini mempertemukan Indonesia vs Singapura dan Vietnam vs Thailand.

Dalam pertandingan leg pertama, Indonesia meraih hasil imbang melawan Singapura. Sementara pertandingan Vietnam melawan Thailand baru digelar malam ini.

Selain memperebutkan gelar juara tim terbaik, predikat lain yang juga tidak kalah bergengsi di Piala AFF 2020 adalah top skor atau pencetak gol terbanyak.

Pemain Indonesia yang berpeluang dalam perebutan predikat top skor adalah Irfan Jaya. Ia masuk dalam lima besar top skor sementara dengan raihan 3 gol.

Peluang Irfan Jaya juga terbilang masih besar meraih predikat top skor, mengingat Indonesia masih menjalani pertandingan di kompetisi ini.

Sementara dua pemain yang berada di puncak top skor sementara, yakni Bienvenido Marañón Morejón (Filipina) dan Safawi Rasid (Malaysia) dipastikan menambah pundi gol karena sudah tersingkir.

Pesaing berat Irfan Jaya yang kini bermain untuk PSS Sleman adalah Teerasil Dangda (Thailand) dan Ikshan Fandi (Singapura), karena keduanya masih bertanding di semifinal.

Pemain Indonesia lain yang juga berpeluang menambah golnya di kompetisi ini dan masuk dalam daftar top skor adalah Evan Dimas, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman. Mereka sama-sama mengoleksi 2 gol.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Gol Tandang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Singapura di Leg 2 Semifinal

Di sisi lain, Timnas Indonesia imbang 1-1 melawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). Indonesia unggul terlebih dahulu lewat Witan Sulaeman di menit ke-28.

Meski begitu, Singapura berhasil bangkit. Ikhsan Fandi menyamakan skor lewat golnya di menit ke-70.

Dulu, gol Indonesia bisa berarti banyak buat kelolosan ke final dalam pertandingan format dua leg. Namun karena pandemi Covid-19, aturan gol tandang tidak berlaku.

Aturan baru itu disebutkan pada Regulasi Piala AFF 2020 di poin 15.3.1 tentang meniadakan gol kandang dan tandang. Selain itu, dalam pertandingan nanti juga ditiadakan perpanjangan waktu pada semifinal leg pertama.

Bila kedua tim bermain imbang secara agregat pada leg kedua, babak tambahan baru akan digelar.

Babak perpanjangan waktu berlangsung 2x15 menit, dan masing-masing tim hanya diperkenankan menambah satu pergantian pemain plus lima pada waktu normal.

3 dari 3 halaman

Penalti

Kalau kedua tim yang berlaga di semifinal tetap memiliki agregat gol yang sama di perpanjangan waktu, pertandingan pun akan diteruskan ke babak adu penalti. Ini tercantum dalam regulasi Piala AFF poin 15.3.2.

"Jika pemenang masih belum didapatkan setelah extra time, maka pemenangnya akan ditentukan dengan adu penalti sebagaimana diatur dalam Laws of the Game," bunyi poin 15.3.2 regulasi AFF.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.