PBESI Ungkap Rencana Besar Esports Indonesia di Tahun 2022, Apa Saja?

Oleh Yuslianson pada 23 Des 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2021, 06:33 WIB
PBESI memaparkan rencana pengembangan ekosistem esports 2022
Perbesar
PBESI memaparkan rencana pengembangan ekosistem esports Indonesia di 2022.. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) baru saja mengungkap rencana pengembangan industri esports di Indonesia untuk tahun 2022 mendatang.

Dalam paparan bertajuk "Desain Besar Esports Indonesia Tahun 2022", para pengurus membagikan 3 program besar yang akan dilakukan tahun depan.

"Ada 3 program besar yang akan PBESI jalankan pada tahun 2022 mendatang," ungkap Christian Suryadi, Ketua Bidang Pelatih dan Wasit PBESI di Jakarta.

Christian Suryadi, Ketua Bidang Pelatih dan Wasit PBESI. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dia menambahkan, "Program pertama terkait dengan pembinaan atlet di usia dini. Untuk mewujudkan hal itu, kami sedang mengodok konsep ekstrakulikuler esports di tingkat SMP, SMA, dan SMK."

Lewat pembinaan secara dini tersebut, PBESI berharap dapat mengembangkan skill individu hingga dapat bersaing di taraf internasional.

Rencananya, PBESI akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan kementerian terkait lainnya soal pengembangan esports di sekolah ini. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Punya Sistem Kompetisi Nasional yang Sistematis

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Untuk program kedua, PBESI ingin membuat sebuah jenjang sistem kompetisi nasional yang sistematis dan terukur.

Ini diwujudkan dengan digelarnya serangkaian kompetisi yang menggunakan sistem poin.

Tahun depan PBESI juga akan menggelar sejumlah pertandingan esports berdasarkan liga, Piala Pelajar, dan Piala Mahasiswa..

Nantinya, poin ini akan menjadi tolak ukur performa dan prestasi atlet, tim, atau klub esports itu sendiri.

"Semua nanti akan bermula di Liga 3 atau kita sebutnya Liga Amatir. Seperti Cup, jadi mereka akan bertanding dahulu sebelumnya, nanti akan diambil berapa besarnya."

Dia juga menjelaskan, "Kita tidak bisa sebutkan jumlahnya terlebih dahulu, berapa besar dari Liga 3 akan masuk ke Liga 2, dan Liga 2 akan bertanding lagi sehingga masuk ke Liga 1. Karena ini awal mula jadi kita harus melakukan kualifikasinya seperti itu dulu, di mana nanti ada suatu sistem degradasi di tahun berikutnya."

 


Bikin Ajang Selebrasi Pegiat Esports

Program terakhir adalah mengadakan acara esports summit. Di gelaran ini PBESI ingin merayakan ekosistem esports di Tanah Air, dan melibatkan semua stakeholder.

"PBESI hadir untuk membesarkan apa yang sudah ada, dengan membuat ekosistem semakin tertata, tahu ujungnya, prestasi dan karir di masa mendatang," ucap Christian.

Selain itu, PBESI juga saat ini sedang proses membentuk tim khusus untuk persiapan pelatnas SEA Games 2021 di Vietnam, dan Asian Games di Hangzhou.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya