Sukses

Kisah Ibu Hebat Sukses Topang Keluarga dengan Kelola Toko Perlengkapan Bayi di Lazada

Hari Ibu 22 Desember, ini kisah ibu hebat yang sukses menopang kesejahteraan keluarga dengan mengelola toko perlengkapan bayi di Lazada.

Liputan6.com, Jakarta - Era digital membuka peluang dan menegaskan peran perempuan yang bisa berkarya dari mana pun, termasuk bagi ibu rumah tangga untuk produktif sembari menjadi pilar keluarga. Menyambut Hari Ibu di 22 Desember, Lazada mengapresiasi perjuangan ibu hebat di Indonesia.

Salah satunya adalah pemilik toko perlengkapan bayi dan anak OmahBayi di Lazada, Drica Wibowo. Mulanya, Drica dan suami adalah kru sebuah kapal pesiar internasional. Drica memutuskan untuk berhenti kerja saat ia hamil dan mengambil cuti melahirkan.

Meski sempat berpikir untuk kembali bekerja selepas melahirkan, keinginannya untuk mendampingi buah hati membuat Drica yang terbiasa mandiri memutuskan untuk menyewa kios di pasar tradisional di Wates, Yogyakarta.

Di situ, ia mulai berjualan aneka perlengkapan bayi dan anak dengan toko bernama OmahBayi. Dengan keinginannya untuk menopang kehidupan keluarga, Drica bepergian ke berbagai penjuru kota mencari barang untuk dijual. Ibu tiga orang anak ini juga membagikan brosur promosi tokonya untuk menarik pelanggan.

Drica juga mengikuti kelas pengembangan diri agar bisa meningkatkan kemampuannya mengembangkan OmahBayi. Perjuangan Drica mengembangkan toko OmahBayi juga tidak mudah, ia banyak mendapat cibiran dari orang lain.

"Waktu itu banyak sekali cercaan karena saya ke sana kemari sambil membawa bayi. Orang bilang saya ibu yang tega, menyusahkan anak. Padahal yang saya perjuangkan ya untuk anak dan keluarga saya," kata Drica.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Ibu Penuh Tantangan

Perjalanan mengembangkan toko perlengkapan bayi ini menjadi perjalanan penuh tantangan seorang ibu muda. Apalagi, bangunan toko miliknya sempat terbakar.

Namun dengan semangat untuk bangkit dan suami yang mendukung dari jauh, Drica berjuang. Akhirnya, kini tokonya tidak hanya pulih tetapi juga berkembang pesat. Bahkan, kini OmahBayi memiliki brand sendiri yang bernama Kiddosaurus yang fokus pada fashion anak-anak.

"Saya berharap memiliki kemampuan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada anaknya bilah OmahBayi semakin maju. Saya berpikir sejak awal, toko ini harus berhasil. Saya terus berpikir selain punya toko offline, apalagi yang harus saya lakukan agar OmahBayi bisa makin besar," katanya.

Saat itulah Lazada hadir di Yogyakarta pada 2017. Kehadiran e-commerce ini untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM lokal. Drica pun mengikuti pelatihan itu.

Dari situ, ia mendapat pencerahan bahwa transformasi digital di platform e-commerce bisa mendukung upaya membesarkan usahanya. Di sana, ia bertemu dengan komunitas penjual Lazada, Lazada Club, dan menemukan mentor yang merupakan penjual senior di Lazada.

3 dari 4 halaman

Bergabung dengan Lazada

Dengan bimbingan mentornya, Drica bergabung dengan Lazada dan serius belajar menggunakan berbagai fitur e-commerce yang dahulu awam baginya.

"Awalnya jelas mudah, namun bantuan dan bimbingan dari mentor saya di komunitas Lazada Club membuat saya fokus dan serius belajar, berupaya mengimplementasikan ilmu yang saya dapat dalam operasional bisnis saya. Tim Lazada juga sangat membantu dan mau diajak bertukar pikiran," katanya.

Semangat Drica tidak pernah putus dalam mempelajari fitur di Lazada. Ia juga mengikuti berbagai promosid an kampanye di Lazada. Fitur Livestreaming melalui kanal LazLive di aplikasi Lazada pun dimanfaatkan.

Hal ini membuat penjualan OmahBayi di Lazada kian meningkat. OmahBayi yang dulunya hanya mendapat beberapa pesanan tiap minggu kini meningkat jadi ratusan pesanan tiap harinya.

Bahkan pada musim kampanye mega, penjualannya bisa meningkat hingga 5 kali lipat. Drica dan belasan timnya bekerja keras memproses ribuan barang pesanan tiap harinya.

Pada Harbolnas 12.12 tahun 2021 ini, OmahBayi juga mencatatkan penjualan meningkat lebih 170 persen dibandingkan dengan Harbolnas tahun sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Ibu Bisa Jadi Sosok Kuat dan Menginspirasi

"Banyak perempuan yang lupa bahwa mereka juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Perempuan berhak sukses, perempuan berhak bahagia, dan menjadi ibu yang kuat dan menginspirasi anak-anaknya," katanya.

Ia percaya, perannya sebagai Ibu dan Istri tidak akan terganggu sesibuk apa pun ia dengan OmahBayi. Apalagi, suaminya kini memutuskan untuk membantu Drica membesarkan OmahBayi.

SVP Sellers Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, mengatakan, perkembangan dunia digital membuka kesempatan bagi banyak perempuan untuk memiliki pilihan karir baru.

"Di Lazada, kami telah melihat tren semakin banyaknya bisnis yang digawangi oleh perempuan-perempuan hebat di platform Lazada. Hal ini menunjukkan bahwa dengan pengetahuan, fitur, dan pemberdayaan yang tepat, kesuksesan dapat dicapai oleh siapa pun," katanya.

Ia turut bangga karena menjadi bagian kisah sukses perempuan dan ibu di Lazada. Karena, selain mereka menjadi pilar keluarga juga menginspirasi orang lain dan berkontribusi pada komunitas.

(Tin/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.