Sukses

Pameran Gadget Terbesar di Dunia Segera Digelar di Las Vegas

Meski bersifat eksklusif, acara CES 2013 selalu menyita perhatian. Sejumlah perusahaan teknologi pun berlomba pamerkan inovasi terbaru di acara ini.

Setiap bulan Januari, industri teknologi kerap diramaikan dengan perbincangan seputar Consumer Electronic Show. Tahun ini, salah satu ajang pagelaran elektronik terbesar di dunia itu kembali digelar di Las Vegas, 8 - 11 Januari 2013.


Dilansir dari laman BBC yang Liputan6.com kutip Senin (7/1/2013), CES merupakan pameran elektronik yang digelar sejak 1967. Seberapa besar ajang CES? Kolumnis David Pogue memberikan ilustrasinya sebagai berikut:

"Tiap Januari 150.000 pengunjung berjalan melihat-lihat 2.700 booth, kemudian menunggu hingga sekitar 45 menit untuk mendapatkan Taxi hingga mereka bisa kembali ke hotel mewah mereka di Las Vegas dengan kaki yang kelelahan," tulis David Pogue, yang dikenal sebagai penulis di bidang teknologi dan sains.

Meski dipadati ratusan ribu pengunjung, acara ini tidak terbuka untuk umum. Acara ini digelar secara eksklusif untuk para perwakilan perusahaan elektronik, investor, dan awak media. Tujuannya, menyediakan ruang kepada para perusahaan teknologi untuk memamerkan gadget baru yang sedang mereka kembangkan, atau akan segera dipasarkan.

Tapi CES 2013 tampaknya akan tidak menarik seperti sebelumnya. Banyak perusahaan besar yang mengkonfirmasi tak hadir di CES yang digelar di Las Vegas Convention Center ini. Salah satunya adalah Microsoft, yang tak bisa ikut karena alasan waktu. "Waktu terbaik bagi produk baru kami tak sejalan dengan waktu acara yang diselenggarakan pada Januari," ucap CEO Microsoft Steve Ballmer, dalam pernyataan resmi Microsoft.

Sejumlah perusahaan besar juga mengaku tak ikut CES karena tak mau terpaku dengan jadwal di bulan Januari untuk meluncukan produk mereka. Karena itu Apple tak pernah mengikuti acara CES selama bertahun-tahun dan lebih memilih untuk merilis produk baru mereka di acara sendiri.

Begitu pula di industri PC. Dua produsen PC terbesar dunia, Dell dan Lenovo tak pernah menyewa booth di ajang CES, dan lebih memilih untuk mengirim representasi perusahaan saja.

Bersejarah

Meski begitu, ajang CES tetap merupakan salah satu acara penting, terutama jika menilik sejarahnya yang panjang. Pertama kali, CES digelar tahun 1967 di New York City. Setelah itu mulai tahun 1978-1994 acara ini diadakan dua kali, acara Januari di Las Vegas dan acara Juni (Summer CES) digelar di Chicago. Sejak 1995 acara ini hanya digelar sekali, yaitu di Las Vehas

Sejumlah inovasi teknologi elektronik pun diperkenalkan di sini. Misalnya saja Video Casette Recorder (1970), Laserdisc Player (1974), Compact Disc (CD) player (1981), Mini Disc (1993), HDTV (1998), Microsoft Xbox (2001), Blu-ray Disc (2003) Ebook Reader (2010), serta Ultraboook (2012).

Kejutan apa yang akan muncul di CES 2013? Kita nantikan saja dalam beberapa hari mendatang. (GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini