Sukses

Indosat Ooredoo Prediksi Trafik Internet Naik 25 Persen Saat Natal dan Tahun Baru

Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan trafik internet selama masa liburan Natal dan Tahun Baru mencapai 20-25 persen dari hari normal.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo mengantisipasi peningkatan kebutuhan aktivitas digital pelanggan di masa libur Natal dan Tahun Baru. Perusahaan memprediksi, kenaikan trafik internet saat Natal dan Tahun Baru di jaringannya sebesar 20-25 persen dibandingkan hari biasa.

Indosat Ooredoo memprediksi, peningkatan trafik tertinggi terjadi di wilayah Bodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.

Untuk memenuhi kenaikan trafik hingga 25 persen dibanding hari biasa, Indosat Ooredoo mempersiapkan kapasitas jaringan 44 PB (Petabyte) per hari. Indosat mengklaim, kapasitas ini lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video.

Sekadar informasi, data internal Indosat Ooredoo mencatat, ada kenaikan trafik internet 10 persen secara nasional pada awal masa libur Natal dan Tahun Baru (Naru).

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, "Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun dengan jaringan yang handal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan."

Vikram berharap, dengan kapasitas yang dipersiapkan, masyarakat diharapkan bisa mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan orang-orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan 70 Ribu BTS 4G

Selain kapasitas jaringan yang ditingkatkan, Indosat Ooredoo memastikan pelanggan bisa menikmati layanan dengan dukungan 70 ribu BTS 4G berkualitas video.

Untuk menjaga kualitas layanan selama Nataru, Indosat Ooredoo juga mengaktifkan Command Center fisik terpusat.

Layanan ini ditujukan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan selama 24/7 yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi.

Indosat Ooredoo pun mempersiapkan peralatan dan dasbor khusus telah untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif.

Command Center juga melakukan pemantauan proaktif terhadap area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik internet. Misalnya di tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Layanan Digital

Untuk meningkatkan pengalaman digital pelanggan selama liburan, Indosat Ooredoo memaksimalkan inisitiaf digital, mulai dari aplikasi streaming musik lokal IMBeats, aplikasi one-stop gaming portal yang seru IMGaming, hingga platform inisiatif kesehatan sosial pertama dengan konsep gamified sekaligus aplikasi gaya hidup unik, IMove.

Inovasi digital pada gaming, musik, dan olahraga tersebut menawarkan pengalaman hiburan digital yang memungkinkan interaksi pengguna yang kuat dan menyediakan hadiah kuota data dari Indosat Ooredoo.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga telah mengintegrasikan beberapa e-wallet, termasuk OVO, GoPay, dan IMkas ke dalam aplikasi myIM3-nya. Ke depannya akan ada opsi pembayaran e-wallet lainnya untuk mendukung platform UMB yang terintegrasi seperti ShopeePay, DANA, dan LinkAja.

“Kami akan memastikan jaringan Indosat Ooredoo siap mengantisipasi lonjakan traffic dan pergerakan pengguna selama masa perayaan Natal dan Tahun Baru serta memastikan tim operasional kami di lapangan dan Command Center siap memberikan respon yang cepat untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Vikram.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Internet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.