Sukses

Kargo Tech Rilis Solusi Manajemen Logistik Terintegrasi

Platform penyedia solusi logistik Kargo Tech resmi meluncurkan solusi terbarunya, yaitu KargoNexus.

Liputan6.com, Jakarta - Platform penyedia solusi logistik Kargo Tech resmi meluncurkan solusi terbarunya KargoNexus. Platform ini menyediakan solusi ujung ke ujung untuk pengelolaan aktivitas rantai pasok dan logistik.

Solusi itu mencakup manajemen pengiriman barang first mid hingga last mile delivery, pemilihan vendor/transporter, dan pemantauan pengiriman. Selain itu, perusahaan juga menyematkan fitur analisis performa berbasis data.

Merujuk pada data Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) tahun 2021, selama pandemi arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan hingga 40 persen. Industri farmasi, alat kesehatan, dan barang-barang konsumsi tercatat berkontribusi paling besar.

Namun, digitalisasi juga membawa kompleksitas pada pengelolaan data logistik dan pengiriman barang secara cepat dalam skala besar selama pandemi. Di lapangan, baru sebagian perusahaan menggelar aktivitas logistik mereka dengan memanfaatkan teknologi; sisanya masih manual.

"Melalui solusi dari KargoNexus, kami ingin membantu perusahaan untuk mencapai seratus persen produktivitas mereka, mulai dari rantai pasok hingga menganalisis transaksi logistik secara real-time agar mereka dapat mengakselerasi bisnis dan memenangkan persaingan," ujar Brian Aditya Tedjasaputra selaku Head of Product dan Enterprise Solutions di Kargo Tech.

Brian juga mengklaim bahwa solusi KargoNexus dapat mengurangi biaya tersembunyi (hidden cost) dalam pengiriman barang yang selama ini tidak dapat dipantau oleh perusahaan.

Manager TI di perusahaan, kata Brian, akan mendapatkan kemudahan karena KargoNexus tidak hanya "mudah dijalankan", tetapi juga "bersifat seamless saat harus bekerja antar aplikasi lainnya dalam satu jaringan."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur-Fitur KargoNexus

Order Management 

Order Management akan memudahkan proses order yang mudah dan cepat. Fitur ini bisa memungkinkan perusahaan untuk membuat order dalam jumlah besar dan mendapat konfirmasi langsung dari pihak vendor, sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

Private Marketplace

Fitur ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan dasar sistem manajemen transportasi terkait platform untuk memilih mitra atau vendor pengiriman. KargoNexus menjadi penguhubung antara perusahaan dengan vendor-vendor yang telah terkurasi, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari, mengecek kontrak, dan konfirmasi ketersediaan vendor secara manual satu per satu.  

 

3 dari 5 halaman

Private Bidding

Fitur Private Bidding memungkinkan proses pencarian harga terbaik dengan mudah tanpa harus menghubungi vendor satu persatu agar mereka mengajukan harga. Selain itu, pihak vendor bisa langsung melihat detail pengiriman, harga dari shipper, dan melakukan bidding dengan cepat.

Ketiga, shipper bisa langsung memilih tawaran harga vendor-vendor yang sesuai dengan budget dan keinginan, secara sistematis.

Shipment Track and Trace

Fitur ini merupakan solusi untuk visibilitas tracking yang transparan secara real-time dalam bentuk peta dan tabel terperinci dan dapat terhubung dengan perangkat on-board GPS. Fitur ini juga dapat diintegrasikan dengan GPS dari transporter, sehingga pengiriman berjalan secara transparan dan aman.

 

4 dari 5 halaman

Electronic Proof of Delivery

Bukti pengiriman atau Proof of Delivery (POD) di layanan ini tersedia dalam bentuk elektronik yang dapat dipantau secara real-time melalui aplikasi, sesaat setelah unloading barang.

Analytics Dashboard

Terakhir, KargoNexus memungkinkan perusahaan dapat menganalisis waktu transit, waktu pengiriman dan performa vendor dengan dasbor analitik. Dengan demikian, perusahaan diharapkan dapat membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang valid, sehingga pemenuhan logistik dan rantai pasok bisa dilakukan dengan optimal.

 

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.