Sukses

10 Momen Menggemparkan Dunia Teknologi 2021: Bill Gates Cerai hingga Kebocoran Data

Penasaran berita apa saja yang menggembarkan dunia teknologi sepanjang 2021? Simak deretannya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2021, selain isu seputar pendemi Covid-19, banyak juga momen menggemparkan yang berkaitan dengan dunia teknologi.

Berita awal tahun terkait teknologi yang menjadi perhatian masyarakat dunia adalah munculnya aturan baru WhatsApp terkait kebijakan privasi. Pengguna diberi batas waktu untuk menerima pembaruan ini jika masih ingin memakai layanan WhatsApp.

Informasi lain yang juga mengejutkan adalah bocornya 533 juta pengguna Facebook pada pertengahan 2021.

Tak lama kemudian, Bill Gates mengumumkan perceraian dengan istrinya Melinda Gates setelah 27 tahun menjalin bahtera rumah tangga.

Di Indonesia sendiri, berita yang cukup menghebohkan adalah kebocoran data BPJS Kesehatan. Pun demikian, ada juga berita positif seperti peluncuran jaringan 5G pertama di Tanah Air.

Penasaran berita apa saja yang menggembarkan dunia teknologi sepanjang 2021? Simak daftarnya di bawah ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Aturan Baru WhatsApp Menimbulkan Kebingungan

Pada Januari 2021, WhatsApp mengumumkan pembaruan privasi melalui fitur in-app alert. Melalui kebijakan baru ini para pengguna dipaksa untuk menerima pembaruan privasi, jika masih mau memakai layanan WhatsApp.

Kebijakan privasi baru ini langsung memicu protes global dan membuat beberapa pengguna beralih ke aplikasi lain seperti Telegram dan Signal.

WhatsApp kemudian angkat bicara soal pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru di platformnya.

Hal ini dilakukan guna menepis sejumlah dugaan negatif dan kebigungan pengguna soal isu berbagi data dengan Facebook.

Selengkapnya baca di sini

 

3 dari 12 halaman

2. 533 Juta Data Pengguna Facebook di 106 Negara Bocor

Pada April 2021, 533 juta data pribadi pengguna Facebook disebut bocor, mulai dari nomor telepon, ID, nama lengkap, lokasi, tanggal lahir, hingga alamat email.

Kebocoran data pengguna Facebook ini diungkap oleh akun Twitter @UnderTheBreach. Data yang bocor berasal dari 106 negara, termasuk pengguna Facebook dari Indonesia.

Juga termasuk lebih dari 32 juta catatan pengguna di AS, 11 juta pengguna di Inggris, dan 6 juta pengguna di India. Sementara data pribadi pengguna Facebook dari Indonesia lebih dari 130 ribu.

Seorang juru bicara Facebook kepada Business Insider mengatakan bahwa data tersebut diambil karena kerentanan yang ditambal oleh perusahaan pada tahun 2019.

Selengkapnya baca di sini 

 

4 dari 12 halaman

3. Bill Gates Umumkan Cerai

Di tengah isu kebocoran data Facebook yang masih membekas, muncul kabar dari pendiri Microsoft Bill Gates yang mengumumkan perceraian dengan Melinda Gates. Keduanya memutuskan cerai setelah 27 tahun menikah.

"Setelah melalui banyak pertimbangan dan berusaha keras mempertahankan hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikanan kami," tulis Bill Gates dan Melinda Gates di Twitter, Selasa (4/5/2021).

"Selama 27 tahun, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," tulis mereka.

Bill Gates dan Melinda juga menjelaskan, meski keduanya akan tetap melanjutkan pekerjaan bersama di yayasan yang telah mereka bangun.

Selengkapnya baca di sini 

 

5 dari 12 halaman

4. 279 Juta Data Pengguna BPJS Kesehatan Bocor

Pada akhir Mei 2021, sebanyak 279 juta data penduduk Indonesia diduga telah dibobol dan dijual di forum online. Data bocor ini diduga berasal dari institusi pemerintah yakni BPJS Kesehatan.

Tekno Liputan6.com mengkonfirmasi kepada pihak BPJS Kesehatan terkait dugaan kebocoran data ini.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma'ruf, menyebut BPJS Kesehatan tengah melakukan penelusuran untuk memastikan apakah data yang diduga bocor berasal dari sistemnya.

Iqbal lebih lanjut mengatakan, pihaknya mengerahkan tim khusus untuk melakukan pelacakan dan sesegera mungkin menemukan sumbernya.

Selengkapnya baca di sini 

6 dari 12 halaman

5. Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan 5G di Indonesia

Masih di Mei 2021, Telkomsel resmi menjadi operator pertama yang menggelar 5G di Indonesia. Peluncuran 5G ini menandai upaya Telkomsel untuk menjadi operator terdepan sekaligus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

"Dengan memberikan layanan 5G, kami bisa menumbuhkan talenta digital dan digitalpreuner di Indonesia, sekaligus membuat competitiveness Indonesia semakin baik," tutur Setyanto saat meluncurkan layanan 5G Telkomsel, Kamis (27/5/2021).

Setyanto mengatakan upaya Telkomsel untuk menghadirkan layanan 5G secara komersial berjalan panjang. Langkah itu dimulai dengan uji coba yang digelar pada Asian Games Jakarta-Palembang pada 2018.

Selengkapnya baca di sini 

7 dari 12 halaman

6. 700 Juta Data Pengguna LinkedIn Bocor

Usai kebocoran data pengguna Facebook dan BPJS Kesehatan, pada akhir Juni 2021, sekitar 700 juta data pengguna LinkedIn bocor dan dijual di darkweb. Jumlah itu berarti 92 persen dari total pengguna LinkedIn sebanyak 756 juta.

Data yang ditemukan pada penjualan di darkweb tersebut mencakup nomor telepon, alamat fisik, data geolokasi, hingga jumlah perkiraan gaji.

Mengutip 9to5Mac, Rabu (30/6/2021), hacker yang memiliki data memposting satu juta data pengguna LinkedIn sebagai sampel, dan pemeriksaan mengonfirmasi bahwa data tersebut asli dan terbaru.

Sementara, RestorePrivacy melaporkan bahwa peretas tampaknya telah menyalahgunakan API LinkedIn resmi untuk mengunduh data, metode yang sama yang digunakan dalam pelanggaran serupa pada April 2021 lalu.

Selengkapnya baca di sini 

 

8 dari 12 halaman

7. Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa

Perjalanan Jeff Bezos ke luar angkasa berjalan lancar. Ia bersama dengan tiga kru lain dalam penerbangan Blue Origin ini berhasil mendarat dengan selamat.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (20/7/2021), perjalanan ke luar angkasa ini ditempuh dalam waktu hampir 11 menit, mulai dari wahana New Shepard meluncur hingga mendarat.

Adapun peluncuran wahana ini dilakukan dari Launch Site One yang berlokasi di Texas, Amerika Serikat. Dalam penerbangan ini, Jeff Bezos bersama dengan penumpang lain berhasil mencapai ketinggian puncak 107,05 km dari permukaan Bumi.

Selengkapnya baca di sini 

 

9 dari 12 halaman

8. SpaceX Sukses Luncurkan Empat Warga Sipil ke Luar Angkasa

Setelah Jeff Bezos, kemudian Elon Musk menyusul lewat SpaceX. Perusahaan berhasil meluncurkan penerbangan luar angkasa pertama dengan seluruh awak sipil untuk pertama kalinya pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi (16/9/2021) WIB.

Kapsul Dragon yang dibawa oleh roket Falcon 9 milik SpaceX itu membawa dua pemenang kontes, seorang tenaga kesehatan, serta miliarder yang menjadi sponsor acara amal tersebut.

Elom Musk sendiri tak ikut dalam penerbangan luar angkasa ini. Mengutip AP News, misi bertajuk Inspiration4 tersebut juga menandai masuknya SpaceX milik Elon Musk ke dalam perlombaan wisata luar angkasa.

[Selengkapnya baca di sini ](4659460  "")

10 dari 12 halaman

9. Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, secara resmi mengumumkan nama baru Meta sebagai induk yang menaungi Facebook dkk.

"Kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk masyarakat dapat terhubung (social connection)," katanya dalam acara Connect pada Kamis, 28 Oktober 2021 waktu setempat.

Mark Zuckerbergmenambahkan, "Bersama-sama, kami akhirnya dapat menempatkan orang di pusat teknologi. Dan bersama-sama, kita dapat membuka peluang untuk kreator jauh lebih besar."

Mengutip The Verge, Jumat (29/10/2021), Mark Zuckerberg mengatakan nama Facebook tidak bisa mencakup semua hal yang dilakukan perusahaan sekarang, dan masih terkait erat dengan satu produk.

Selengkapnya baca di sini 

 

11 dari 12 halaman

10. CEO Twitter Jack Dorsey Mengundurkan Diri

Co-founder sekaligus CEO Twitter Jack Dorsey memutuskan untuk undur diri dari jabatannya sebagai CEO Twitter. Jack Dorsey mundur dari jejaring sosial yang ia dirikan pada 2016.

"Setelah hampir 16 tahun memiliki peran di perusahaan, dari co-founder ke CEO, ke Chair, ke Eksekutif, ke Interim CEO, ke CEO, saya memutuskan ini waktu bagi saya untuk pergi," katanya dalam pernyataan yang dia unggah di Twitter, Minggu (30/11/2021) malam waktu AS.

Posisi Jack Dorsey sebagai CEO Twitter bakal digantikan oleh Chief Technology Officer (CTO) Twitter Parag Agrawal.

Langkah mengejutkan ini diambil Dorsey yang selama beberapa waktu belakangan banyak dikritik atas jabatannya sebagai CEO Twitter dan Square, perusahaan pembayaran digitalnya.

Selengkapnya baca di sini 

12 dari 12 halaman

Infografis Kejahatan Siber

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.