Quipper Gelar Tryout UTBK Nasional untuk Persiapan SBMPTN 2022

Oleh Iskandar pada 15 Des 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 15 Des 2021, 06:30 WIB
Dok: Quipper
Perbesar
Dok: Quipper

Liputan6.com, Jakarta - Startup pendidikan berbasis teknologi (edtech), Quipper, belum lama ini menggelar Tryout UTBK Nasional. Kegiatan ini dilakukan sebagai simulasi persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Tryout UTBK Nasional diikuti oleh lebih dari 20.000 peserta secara online, tanpa dipungut biaya, dan terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 SMA/sederajat atau gap year.

Manager Quipper Video Masterclass, Hanani Faiza, menyebutkan Tryout UTBK Nasional yang dilakukan perusahaan memiliki tiga fitur unggulan yang dapat diakses dan diikuti oleh seluruh peserta tryout.

Fungsi dari fitur itu memudahkan calon peserta UTBK SBMPTN 2022 menyusun strategi lolos SBMPTN lebih awal dan semaksimal mungkin.

"Pertama, Tryout UTBK Nasional dari Quipper sudah menggunakan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT. Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal," papar Hanani melalui keterangannya, Rabu (15/12/2021).

Kedua, ia melanjutkan, tersedianya fitur Cek Peluang yang dapat mengukur seberapa besar peluang peserta tryout masuk di PTN yang diinginkan.

"Ketiga, mereka juga bisa mendapatkan rekomendasi PTN lain sesuai dengan jurusan yang dipilih," ucap Hanani menjelaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hadiah untuk Peraih Skor Tertinggi

Peserta tryout yang sudah membuat akun Quipper dapat langsung menyelesaikan tryout Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), baik untuk kategori Saintek dan Sosial Humaniora (Soshum) di aplikasi android Quipper maupun melalui browser.

Setelah hasil tryout keluar, Quipper menyediakan pembahasan soal tryout dalam bentuk teks maupun video sebagai bahan pembelajaran dan evaluasi.

Bagi peserta peraih skor terbaik untuk setiap kategori tryout, Quipper memberikan apresiasi hadiah uang tunai senilai total Rp 5 juta.

Kegiatan Tryout UTBK Nasional ini turut didukung oleh Canon, di mana peraih skor tertinggi tryout juga mendapatkan masing-masing satu buah printer untuk membantu produktivitas dan kreativitas mereka.

 


Jadwal SBMPTN 2022

Sebagai informasi, langkah pertama yang harus dilakukan calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN 2022 adalah melalukan registrasi Akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang jadwal pendaftarannya dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 pada 23 Maret hingga 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 sendiri dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022.

 

 


INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya