Max Verstappen Raih Juara Dunia F1, Warganet Ucapkan Selamat

Oleh Agustinus Mario Damar pada 13 Des 2021, 13:39 WIB
Diperbarui 13 Des 2021, 13:39 WIB
Foto: Ekspresi Max Verstappen usai Tikung Lewis Hamilton di Lap Terakhir, Si Bad Boy jadi Juara Dunia F1 2021
Perbesar
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, meluapkan kegembiraannya usai merebut kemenangan dalam balapan pamungkas Formula 1 GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12/12/2021). Dengan begitu, pembalap Belanda ini sukses mengunci gelar dunianya yang pertama. (AP Photo/Hassan Ammar)

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap F1 Max Verstappen resmi keluar sebagai juara dunia Formula One atau F1. Kemenangan itu didapat dalam pertandingan dramatis dan berbau kontroversial melawan Lewis Hamilton dari Mercedes di seri pamungkas di Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Kemenangan ini pun menuai ucapan selamat dari warganet di Twitter. Terlebih, gelar ini menjadi yang pertama didapatkan Max Verstappen dalam ajang F1.

Ucapan selamat pun mengalir pada pembalap lain dan para penikmat ajang balap mobil tersebut. Untuk mengetahui seperti apa tanggapan para warganet, berikut ini beberapa tweet yang sudah dihimpun mengenai juara dunia F1 baru tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Salip Hamilton di Lap Terakhir, Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Foto: Insiden Kecelakaan Diawal Balapan, Max Verstappen Akhirnya Juara Formula 1 GP Meksiko 2021
Perbesar
Kemenangan ini merupakan yang kesembilan Verstappen pada tahun 2021 dan memberinya keunggulan 19 poin dari Lewis Hamilton. (AFP/Alfredo Estrella)

Untuk diketahui, Max Verstappen start di pole position, Hamilton membuntuti di belakangnya. Saat balapan dimulai, Hamilton dengan luar biasa berhasil menyalip Verstappen pada lap pertama di tikungan ketujuh.

Setelah itu Lewis Hamilton terus memimpin di depan. Bahkan pria Inggris ini mampu mempertajam keunggulan atas Vertappen menjadi di atas 10 detik.

Hamilton nampak akan menjadi juara dunia. Hingga tujuh lap tersisa, Hamilton masih unggul 11 detik dari Verstappen yang berada di posisi kedua.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Drama Latifi

Foto: Ekspresi Max Verstappen usai Tikung Lewis Hamilton di Lap Terakhir, Si Bad Boy jadi Juara Dunia F1 2021
Perbesar
Verstappen dan Hamilton start di posisi pertama dan kedua. Persaingan keduanya langsung sengit selepas start. Keduanya sempat bersenggolan di tikungan ke-7, namun pemimpin balapan memutuskan tidak melakukan investigasi dan Lewis Hamilton memimpin balapan sangat dominan. (AFP/Andrej Isakovic)

Drama terjadi di lap 54. Kecelakaan hebat dialami Nicholas Latifi. Akibatnya Safety Car pun harus keluar. Momen ini dimanfaatkan Verstappen untuk masuk pit stop guna mengganti ban baru.

Masuknya safety car juga otomatis memangkas keunggulan Hamilton. Verstappen kembali memepet Hamilton.

Safety car baru keluar saat balapan tersisa satu lap alias di lap 58. Secara luar biasa Verstappen berhasil menyalip Hamilton di lap terakhir guna memastikan diri jadi juara dunia F1 2021.

Dengan kemenangan di Abu Dhabi ini, Verstappen mengoleksi 394,5 poin. Untuk pertama kalinya Verstappen berhasil menjadi juara dunia F1 bermodal sepuluh kemenangan musim ini.

Verstappen juga memutus dominasi Hamilton yang sudah empat musim beruntun menjadi juara dunia F1. Hamilton pun gagal memecahkan rekor Michael Schumacher dengan menjadi juara dunia F1 delapan kali.

(Dam/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Budget F1

Infografis Budget F1
Perbesar
Infografis Budget F1 (liputan6.com/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya