Sukses

Prediksi Bill Gates: Sebagian Besar Pertemuan Virtual akan Berlangsung di Metaverse

Bill Gates memperkirakan, pertemuan virtual dengan metaverse akan banyak dilakukan dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft dan miliarder Bill Gates memperkirakan, rapat atau pertemuan virtual menggunakan metaverse bakal menjadi sesuatu yang tren dalam dua atau tiga tahun ke depan.

Pemikiran itu disampaikan oleh Bill Gates dalam ulasan tahunan yang dia unggah di situs web pribadinya, GatesNotes beberapa waktu lalu, dikutip Minggu (12/12/2021).

Dalam tulisannya, Gates awalnya mengatakan pandemi telah mengubah cara perusahaan berpikir soal produktivitas dan kehadiran di tempat kerja.

Menurut mantan suami Melinda French itu, batas-batas antara area kerja yang dulunya terpisah seperti brainstorming, rapat tim, percakapan santai di lorong, telah runtuh.

Gates melanjutkan, dia tertarik bagaimana teknologi dapat menciptakan lebih banyak spontanitas dengan pekerjaan jarak jauh yang bergerak maju.

"Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan pindah dari grid gambar kamera 2D... ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital," kata Gates. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal yang Memperlambat Adopsi

Gates mengatakan, baik Facebook dan Microsoft baru-baru ini mengungkapkan visi mereka untuk metaverse, yang memberikan pandangan pertama bagi banyak orang seperti apa tampilannya.

"Idenya adalah Anda akhirnya akan menggunakan avatar untuk bertemu dengan orang-orang di ruang virtual yang mereplikasi perasaan berada di ruangan yang sebenarnya dengan mereka," kata Gates.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk melakukan itu, seseorang membutuhkan perangkat seperti kacamata VR dan sarung tangan penangkap gerakan untuk menangkap ekspresi, bahasa tubuh, dan kualitas suara secara akurat.

Menurut Gates, banyak orang yang masih belum memiliki peralatan semacam itu yang akan memperlambat adopsinya.

Gates mengatakan, salah satu faktor yang membuat perubahan cepat pada rapat melalui video adalah banyaknya orang yang telah memiliki PC atau ponsel dengan kamera.

3 dari 4 halaman

Masih Banyak yang Harus Dilakukan

"Microsoft berencana untuk meluncurkan versi sementara tahun depan, yang menggunakan webcam Anda untuk menganimasikan avatar yang digunakan di pengaturan 2D saat ini," kata Gates. 

Gates mengungkapkan, banyak perusahaan yang sedang mengerjakan avatar 3D. Dia juga mengatakan baru-baru ini berkesempatan melakukan pengujian beberapa prototipe yang dibuat.

"Saya sangat terkesan dengan apa yang saya lihat," tulisnya.

Salah satu peningkatan terbesar dalah penggunaan audio spasial, di mana ucapan terdengar seperti berasal dari arah orang yang berbicara.

"Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tapi kita mendekati ambang di mana teknologi mulai benar-benar meniru pengalaman kebersamaan di kantor," kata Gates.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Deretan Hoaks Seputar Bill Gates dan Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.