Sukses

Indosat Ooredoo Gelar Program Pengembangan Content Creator dan Talenta Digital di Solo

Program Local Content Creator Solo 2021 adalah hasil kolaborasi Indosat Ooredoo dengan Dinas Pariwisata Kota Surakarta, untuk mendukung pengembangan talenta digital yang nantinya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Solo

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan layanan 5G komersial dan Kampung Digital di Solo, Indosat Ooredoo meluncurkan Local Content Creator Solo 2021 di penghujung tahun ini.

Program merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Surakarta, untuk mendukung pengembangan talenta digital yang nantinya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Solo.

"Kami bangga dapat mendukung pemberdayaan anak muda dan talenta digital di Solo karena mereka adalah tulang punggung pemulihan ekonomi kota," kata Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Dalam siaran persnya, Minggu (12/12/2021), Steve mengatakan, di masa yang penuh tantangan, peningkatan permintaan akan keterampilan digital tidak terelakkan ketika dunia bergerak cepat menuju masa depan digital.

Menurut Steve, Local Content Creator Solo 2021 bertujuan menjadi platform untuk mengatasi kesenjangan keterampilan digital dengan mempersiapkan kumpulan talenta digital dan pembuat konten berikutnya.

"Kami berharap program ini dapat memperkuat komitmen kami untuk mendukung pemulihan ekonomi Solo sekaligus menjadikan Indonesia menjadi pusat kekuatan digital di Asia Tenggara," kata Steve.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapatkan Wawasan

Program Local Content Creator Solo 2021 diselenggarakan dari 11 hingga 18 Desember 2021, dan terdiri dari lima pelatihan dan workshop, yang diikuti lebih dari seribu peserta di Solo dan sekitarnya.

Program ini melibatkan beberapa kreator konten ternama untuk mengisi workshop.

Di antara kreator tersebut adalah Samsul Arifin, pendiri Lintang Media, channel YouTube dengan lebih dari 3 juta subscriber, dan Bagoes Kresnawan atau @bagustikus, pembuat film dan seorang content creator.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan wawasan berharga dari sudut pandang fundamental dan teknis, seperti tips untuk menghasilkan ide untuk cerita, membuat konten yang berdampak, dan menjadikannya viral.

Program ini juga akan menantang peserta untuk membuat konten kreatif singkat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.

Peserta dapat membuat konten kreatif seputar pariwisata, budaya, kuliner, museum, dan bisnis UMKM Kota Solo.

3 dari 4 halaman

Memanfaatkan Kesempatan

Aryo Widyandoko, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta pun mengatakan bahwa mereka mengapresiasi komitmen Indosat Ooredoo untuk mendukung pemulihan ekonomi Solo dari berbagai aspek.

"Tentunya komitmen dan kerjasama yang luas dengan Pemkot Surakarta tidak akan berhenti sampai di sini," kata Aryo.

Aryo berharap lewat program ini, kaum muda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan keterampilan digital, serta memanfaatkan kesempatan untuk menjadi pembuat konten inspiratif yang membanggakan.

Indosat juga menambahkan, akan ada tantangan khusus di akhir periode pelatihan yang hanya bisa diikuti oleh peserta Local Content Creator Solo.

Tantangan tersebut berhadiah uang tunai dan benefit lainnya, termasuk paket data IM3 Ooredoo serta kesempatan untuk mengekspos konten melalui sistem Kampung Digital.

Program Local Content Creator Solo 2021 bisa diikuti dengan gratis oleh warga Kota Solo dan sekitarnya.

Workshop gelombang pertama dilakukan dalam format hybrid tepat setelah acara peluncurannya pada 11 Desember di Balai Kota Surakarta, sedangkan sesi lainnya akan diadakan secara online pada 12 dan 18 Desember.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.