Sukses

Pesan Google agar Kreator YouTube Terhindar dari Pembajakan Akun

Google memberikan sejumlah pesan dan tips untuk kreator YouTube dan pengguna YouTube umumnya agar bisa terhindar dari pembajakan akun yang marak seminggu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akun YouTube dengan jumlah subscriber banyak ditarget oleh serangan. Akun YouTube milik BNPB Indonesia, Sule, hingga Vidi Aldiano dibajak dan dipakai untuk live streaming konten terkait mata uang kripto.

Skema peretasan semacam ini sebenarnya sudah dilacak oleh Google melalui Thread Analysis Group. Raksasa internet ini mengungkap pihak yang tidak bertanggung jawab telah melakukan kampanye disinformasi, peretasan didukung pemerintah, hingga penyalahgunaan motif finansial.

Upaya yang dilakukan terbilang sistematis, mulai dari phishing, memanipulasi YouTuber dengan berpura-pura sebagai pihak yang ingin berkolaborasi, menyebarkan malware, dan pada gilirannya membajak akun untuk live streaming mata uang kripto.

Selain meningkatkan metode pendeteksian dan berinvestasi pada tool dan fitur baru yang mengenali dan menghentikan ancaman, Google juga mengajak pengguna waspada.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi Google untuk meningkatkan keamanan pengalaman internet, termasuk akun YouTube diretas dan mencegah pengguna jadi korban:

1. Perhatikan peringatan Safe Browser

Para pelaku kejahatan biasanya memanipulasi psikologis pengguna agar mematikan dan mengabaikan peringatan agar program antivirus gagal mendeteksi malware

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Scan Virus

2. Sebelum jalankan software, lakukan pemindaian virus

Pengguna diajak menggunakan antivirus atau pemindaian virus online untuk memastikan keaslian dan keamanan file

3. Aktifkan mode Perlindungan Safe Browsing

Pengguna disarankan mengaktifkan perlindungan Safe Browsing yang ditingkatkan di browser Chrome, sebuah fitur yang meningkatkan peringatan untuk halaman web dan file yang berpotensi mencurigakan.

 

3 dari 3 halaman

Lindungi Akun

4. Waspadai arsip terenkripsi

Google mengajak pengguna untuk mewaspadai arsip terenkripsi yang kerapkali mengakali pemindaian deteksi antivirus dan meningkatkan risiko pengguna menjalankan file berbahaya.

5. Lindungi akun dengan Verifikasi 2 Langkah (Two-factor authentication)

Google mengajak pengguna untuk melindungi akun Google penggunanya dengan metode keamanan two-factor authentication atau two-step authentication. Metode keamanan ini berupaya memberi lapisan keamanan ekstra ke akun pengguna, ketika kata sandi dicuri.

Nah, khusus YouTube, perusahaan sejak 1 November lalu telah mempersyaratkan agar kreator YouTube yang melakukan monetisasi wajib mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun Google yang dipakai channel YouTube-nya untuk mengakses YouTube Studio atau pengelola konten YouTube Studio.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.