Sukses

Berkenalan dengan Ameca, Robot yang Punya Ekspresi Wajah

Penusataan manufaktur robot asal UK memperkenalkan Ameca, robot humanoid yang memiliki ekspresi wajah layaknya manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan perancang dan pembesut robot yang menyerupai manusia (humanoid), Engineered Arts, belum lama ini memamerkan ciptaannya yang baru dalam sebuah video di YouTube.

Bernama Ameca, robot itu terlihat bisa membuat berbagai ekspresi wajah, menyerupai manusia.

Pada awal video, Ameca terlihat seperti tengah bangun tidur. Wajahnya tampak seperti orang bangun tidur, kebingungan sekaligus baru membuka mata. Namun, saat melihat tangan dan lengannya, robot itu membuka mulut dan mengangkat alisnya dan terlihat seperti keheranan.

Pada akhir video, Ameca tersenyum dan mengulurkan tangan seolah menyambut penonton.

Meski begitu, sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (7/12/2021), Ameca tidak berjalan, membalikkan badan, atau melakukan parkour seperti robot Atlas milik Boston Dynamics.

Perusahaan menyebut, mungkin saat ini orang tidak akan melihat Ameca berjalan dan berbicara dalam waktu dekat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Bisa Berjalan

Engineered Arts mengatakan, saat ini robotnya tidak dapat berjalan meski ke depannya ingin memberikan kemampuan tersebut.

Apakah Ameca beroperasi menggunakan AI? Engineered Arts menjelaskan, kemampuan AI diserahkan kepada pengembang, karena pihaknya hanya menangani pembuatan bodi menjadi sangat realistis.

Tidak hanya Ameca, perusahaan ini juga mengembangkan robot yang mirip manusia lainnya, bernama Mesmer.

Engineered Arts mengatakan, mereka menggunakan pemindaian 3D dari manusia asli untuk memberi struktur tulang, tekstur kulit, dan ekspresi wajah yang akurat seperti aslinya.

3 dari 3 halaman

Robot Ameca Bakal Dipamerkan di CES 2022

Beberapa hari setelah mengunggah video Ameca, perusahaan mengunggah video lainnya tentang Mesmer.

Di mana, Mesmer bisa membuat serangkaian ekspresi wajah yang tampak lebih meyakinkan. Apalagi, robot humanoid ini memiliki fitur kulit dan wajah lebih hidup ketimbang Ameca.

Engineered Arts berfokus pada pembuatan robot humanoid untuk hiburan. Oleh karenanya, mungkin Ameca dan Mesmer akan menjadi pusat perhatian di tempat acara, ketimbang robot yang dirancang untuk melakukan pekerjaan tertentu, atau mengambil alih urusan seluruh manusia.

Robot Ameca sendiri rencananya bakal dipajang di CES 2021 pada Januari mendatang.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.