Sukses

Clubhouse Luncurkan Fitur Topics, Permudah Pengguna Temukan Topik Relevan

Dengan fitur Topics ini, Clubhouse mengatakan pengguna dapat lebih mudah menemukan room dan klub, karena pilihan yang tersedia lebih banyak

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse kembali meluncurkan fitur baru untuk para penggunanya, yakni Topics. Fitur ini merupakan pembaruan dari Interest yang memungkinkan pengguna memilih hal yang disukai dan ingin diikuti di Clubhouse.

Untuk itu, dengan fitur Topics ini, pengguna dapat lebih mudah menemukan room dan klub, karena pilihan yang tersedia lebih banyak. Selain itu, pengguna juga dapat memilih menampilkan topik yang diikuti di profilnya, sehingga orang lain dapat pula mengetahuinya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (6/12/2021), fitur ini sudah meluncur sejak 2 Desember 2021 untuk perangkat iOS dan Android. Saat melakukan pencarian lewat Topics, pengguna akan menerima hasil yang lebih relevan dan tersedia di lebih banyak tempat.

Salah satu alasannya adalah topik yang ditampilkan di fitur ini akan lebih spesifik. Karenanya, pengguna dapat langsung mencari topik dengan kata kunci seperti Persipura alih alih sepak bola, termasuk kata kunci lain, seperti kota, universitas, hingga sub-genre musik favorit.

Tidak hanya itu, Clubhouse juga menyediakan halaman baru di Topics yang dapat menampilkan pencarian teratas, room, klub, dan orang-orang yang terkait dengan setiap topik.

"Jika Anda lebih suka merahasiakan Topics favorit Anda, itu juga tidak masalah, sebab Anda dapat menyembunyikannya dengan satu ketukan sederhana," tulis aplikasi audio chat ini dalam keterangannya.

Fungsi Topics di room juga akan menginformasikan pengguna mengenai hal yang sedang dibahas saat itu. Oleh sebab itu, kreator dapat menambahkan topik yang dipilih saat membuat room, bahkan saat perbincangan tengah berlangsung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Clubhouse Kini Dukung Bahasa Indonesia

Sebelumnya, Clubhouse mengumumkan telah menghadirkan lokalisasi bahasa untuk komunitas di 13 negara, termasuk Indonesia. Dengan demikian, kini para pengguna Clubhouse dapat menggunakan aplikasi memakai Bahasa Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (5/11/2021), selain Bahasa Indonesia, bahasa lain yang juga mendukung adalah Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Kanada, Korea, Malayalam, Portugis (Brasil), Spanyol, Tamil, dan Telugu.

"Lokalisasi bahasa ini membuat Clubhouse dapat diakses oleh jutaan orang yang tidak berbicara Bahasa Inggris di seluruh dunia dan merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh komunitas," tulis perusahaan.

3 dari 3 halaman

Hadir Lebih Dulu di Android

Pengaturan Bahasa Indonesia dapat langsung diakses saat pengguna mulai bergabung di Clubhouse. Untuk sekarang, pengaturan ini memang baru ditujukan untuk pengguna Android dan segera akan hadir di platform iOS.

Adanya pengaturan baru ini disebut juga dapat membuat Clubhouse lebih mudah digunakan. Sebab, seluruh petunjuk di dalamnya menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga dapat dimengerti komunitas di Indonesia.

Sebagai contoh, saat ingin membuat ruang percakapan baru, pengguna bisa langsung menekan 'Mulai Ruangan'. Pembaruan ini sudah dapat dinikmati oleh para pengguna.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.