Sukses

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Ini Patut Dicoba

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan sinyal wifi tidak stabil, bahkan tidak tertangkap sama sekali oleh perangkat di titik tertentu di suatu area.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan sinyal wifi tidak stabil, atau tidak tertangkap sama sekali oleh perangkat di titik tertentu di suatu area.

Penyebabnya bisa dari sisi teknis ataupun nonteknis. Untuk mengatasi hal ini, simak artikel cara memperkuat sinyal wifi berikut.

1. Posisi router

Posisi router sebagai alat yang bertanggung jawab memancarkan sinyal wifi berperan sangat penting.

Karena itu, penempatan router juga dapat berpengaruh pada sinyal wifi yang dipancarkan.

Disarankan untuk menempatkan router di posisi terbuka yang relatif tidak ada hambatan seperti dinding, dan di posisi strategis di mana sinyal wifi diharapkan dapat relatif lebih mudah menjangkau berbagai titik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jauhkan dari perangkat elektronik

Router juga sebaiknya diletakkan tidak berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya yang dapat menyebabkan interferensi, seperti oven microwave.

Baik gelombang Wifi maupun oven microwave merupakan bentuk dari radiasi elektromagnetik. Sebagian gelombang dair oven microwave bisa saja bocor dan mengganggu sinyal wifi

 

3 dari 3 halaman

3. Pembaruan firmware

Perlu kamu ingat, router memiliki firmware yang mungkin perlu diperbarui.

Sebagian router memiliki fungsi pembaruan firware otomatis, tetapi sebagian lainnya mungkin tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengecek status firmware dari router kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini