Sukses

Skilvul Gelar Program Beasiswa Pelatihan Coding Bagi Disabilitas

Program pelatihan coding bagi penyandang disabilitas ini digelar Skilvul dengan menggandeng Telkom DWS

Liputan6.com, Jakarta Platform teknologi pendidikan Skilvul, meluncurkan Program Beasiswa Difabel Bisa Ngoding, dengan mengambil momen Hari Disabilitas Internasional 2021 yang jatuh pada Jumat, (3/12/2021).

Skilvul mengatakan, mereka berkolaborasi dengan Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service (Telkom DWS), untuk mempersiapkan masyarakat disabilitas menjadi tenaga kerja yang mampu bersaing dan siap menghadapi tantangan global, serta revolusi industri 4.0.

"Keterampilan teknologi informasi merupakan skill yang paling banyak dicari seiring dengan era industri digital saat ini," kata Amanda Simandjuntak, Co-Founder dan Chief of Product Skilvul melalui siaran persnya.

Amanda mengatakan, mereka percaya pemberian pelatihan teknis dan coding, dapat memberikan "superpower" bagi para disabilitas untuk dapat berkarya lebih jauh.

"Kami mengajak semua pihak untuk membuka akses seluas-luasnya, agar semua lapisan masyarakat, termasuk kaum difabel, bisa merasakan manfaat dari kemajuan ekonomi digital Indonesia," kata Amanda. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebutuhan di Bidang Informatika dan Teknologi

World Economic Forum mencatat, pekerjaan di bidang informatika dan teknologi seperti data analyst and scientist, spesialis big data, spesialis AI dan machine learning, dan software and applications developers semakin dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Survei Kementerian Ketenagakerjaan RI juga memasukkan pekerjaan Teknisi Operasi TIK dan Pendukung Pengguna ke dalam daftar tiga pekerjaan teratas yang paling dibutuhkan perusahaan usai pandemi.

Dari survei yang sama, 26,9 persen perusahaan di Indonesia mengaku sangat membutuhkan keterampilan teknologi di kalangan pekerja.

Program Difabel Bisa Ngoding dari Skilvul sendiri meliputi pemberian beasiswa penuh bagi para peserta disabilitas, untuk mengikuti Coding Bootcamp senilai Rp 18 juta.

Pendaftar disabilitas yang mampu melihat dan mendengar akan disaring melalui partner yayasan difabel dan melewati serangkaian seleksi mulai dari background check, technical test, hingga wawancara.

Peserta juga diharapkan memiliki ketertarikan di bidang teknologi serta memiliki kemampuan berpikir yang baik, disiplin, dan semangat pantang menyerah.

3 dari 4 halaman

Berlangsung Empat Bulan

Pendaftaran dibuka dari tanggal 3 Desember 2021 dan dapat dilakukan melalui https://bit.ly/DifabelBisaNgoding. Program pelatihan ini akan berlangsung selama empat bulan mulai dari 17 Januari sampai 25 April 2022.

Kemudian, finalis terpilih akan mengikuti program pelatihan selama empat minggu, mengikuti demo day, dan graduation day.

Para finalis juga akan mendapat bimbingan karir dan penyaluran kerja ke mitra-mitra industri Skilvul termasuk Telkom DWS.

Nanang Asnadi, Culture Agent Telkom DWS mengatakan mereka sangat mendukung program pelatihan tersebut, agar masyarakat bisa semakin merangkul kelebihan dan kompetensi rekan-rekan disabilitas, termasuk di bidang digital.

"Yang paling mereka butuhkan adalah kesempatan dan terus mendapatkan ruang untuk menunjukan bahwa mereka ada," kata Nanang.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.