Sukses

Aplikasi Kuncie dan Fita Telkomsel Dapat Penghargaan di Google Play Awards 2021

Aplikasi Kuncie dan Fita milik Telkomsel mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik di Google Play Awards 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Dua aplikasi milik Telkomsel, Kuncie dan Vita mendapatkan penghargaan dalam ajang Google Play Awards 2021.

Kuncie yang fokus pada pengembangan potensi dan telenta melalui pembelajaran dan pengembangan keterampilan di berbagai bidang pun mendapatkan kategori Best for Personal Growth.

Berdasarkan keterangan Google Play, aplikasi yang berfokus di bidang personal growth cukup diminati pengguna di 2021.

Sementara Fita sebagai aplikasi yang dapat membantu masyarakat membangun kebiasaan baik mendorong masyarakat menerapkan hidup sehat dinobatkan sebagai Best Hidden Gems.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengapresiasi pencapaian Kuncir dan Fita dalam ajang Google Play Awards 2021.

"Walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat. Hal ini akan menjadi salah satu pendorong bagi kami untuk membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi masyarakat, melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital," kata Hendri, dikutip dari keterangan Telkomsel, Sabtu (4/12/2021).

Head of Operations Kuncie Hendra Saputra menambahkan, capaian ini jadi penyemangat bagi tim Kuncie untuk mendukung masyarakat Indonesia meningkatkan kemampuan diri sesuai minat mereka.

"Bagi kami, salah satu bukti keberhasilan yang nyata adalah dampak langsung yang dirasakan oleh para pembelajar yang sudah dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuncie Diunduh 1 Juta Pengguna

Menurut Hendra, Kuncie memiliki sekitar 100 mentor pilihan yang terdedikasi dan mencoba menghadirkan lebih dari 1000 pembelajaran dalam format yang mudah dan praktis untuk diikuti. Dengan begitu, para pengguna bisa mengimplementasikan secara nyata oleh para pengguna Kuncie.

Sebagai informasi, pada Juli 2021 Telkomsel meluncurkan Kuncie, sebuah platform yang dapat meningkatkan keterampilan talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya.

Kuncie sejauh ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5 persen sejak pertama kali diluncurkan.

Kuncie juga sukses menduduki posisi tiga besar aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Sementara itu, Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono menyebut, aplikasi Fita sejak awal dibentuk memiliki visi membantu masyarakat dalam membangun kebiasaan baik agar tercipta hidup lebih sehat.

"Tingginya antusiasme terhadap Fita, menandakan bahwa kepedulian masyarakat akan hidup sehat terus semakin meningkat. Kami pun menyadari, perjalanan membangun ekosistem kesehatan lengkap dalam sebuah aplikasi masih panjang," kata Reynazran.

3 dari 4 halaman

Aplikasi Fita

Untuk itulah, pengembangan produk Fita akan terus dilakukan dan jadi fokus di tahun 2022 mendatang.

Aplikasi Fita secara resmi telah diperkenalkan Telkomsel sejak November 2021. Dibanding aplikasi lain, Fita memiliki keunggulan berupa localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach.

Saat ini, Fita telah berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness. Fita jadi satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali. Jumlah penggunanya pun diklaim tumbuh 10 kali lipat dibanding tiga bulan sebelumnya.

“Kehadiran Kuncie dan Fita merupakan beberapa wujud nyata keseriusan Telkomsel untuk mengembangkan digital trifecta perusahaan. Dengan kekuatan digital connectivity yang dimiliki saat ini, kami juga akan terus mengembangkan beragam platform dan layanan digital," kata Hendri.

Sekadar informasi, Google Play Awards sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Google Play sebagai bentuk appresiasi atas kontribusi positif seluruh platform aplikasi dan games yang berada dalam ekosistem platform Google Play.

Tahun ini, Google Play Awards memperluas penghargaan untuk aplikasi dan game di tablet, ditambah aplikasi di Wear OS dan Google TV.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 9 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang Belum Banyak Diketahui

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.