Sukses

Smartwatch WristMac Langka Keluaran 1988 Dilelang, Diklaim Sebagai Pendahulu Apple Watch

WristMac Seiko ini diklaim sebagai pendahulu Apple Watch, karena bisa terhubung ke Mac.

Liputan6.com, Jakarta Perangkat wearable yang diklaim sebagai pendahulu Apple Watch, WristMac, keluaran tahun 1988, dilepas ke pelelangan. Diprediksi, benda ini akan terjual dengan harga antara US$ 25 ribu hingga US$ 50 ribu.

"Seiko/Ex Machina WristMac 1988 sangat langka; Apple Watch pertama (dirilis 1988 - lebih dari 25 tahun sebelum Apple Watch di 2015!)," tulis deskripsi di situs pelelangan ComicConnect, dikutip Kamis (2/12/2021).

Mengutip Apple Insider, WristMac adalah jam tangan pintar yang dibuat oleh Seiko, yang menggunakan AppleTalk untuk terhubung ke Mac. Smartwatch ini pertama kali dirilis di 1988.

Perangkat ini paling dikenal saat digunakan di pesawat ulang alik Atlantis. New York Times melaporkan pada 1991, Atlantis terkenal memiliki Macintosh Portable untuk mengirim email.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipakai dengan Cara yang Mirip Apple Watch

Kala itu, masing-masing astronaut mengenakan WristMac yang digunakan dengan cara yang familiar bagi para pengguna Apple Watch saat ini.

"Ketika tiba waktunya untuk mengambil foto fitur tertentu di Bumi atau kosmos," tulis New York Times, "WristMac akan membunyikan alarm dan menampilkan dua baris pengingat tugas individu."

WristMac yang dilelang di ComicConnect.com sendiri belum pernah dipakai dan belum dibuka. Benda itu dilelang sejak 22 November lalu hingga 18 Desember 2021.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa, salah satu contoh paling awal dari teknologi komputasi yang dapat dipakai," kata Stephen Fishler, CEO dan Co-Founder ComicConnect.

"WristMac jarang terlihat sejak diluncurkan lebih dari 30 tahun lalu dan kemungkinan akan bertahun-tahun sebelum yang lain muncul," kata Fishler.

3 dari 4 halaman

Isi Pendukung

Dalam deskripsi, ComicConnect mengungkapkan bahwa nantinya, pembeli barang langka ini akan mendapatkan satu set WristMac langka termasuk dengan beberapa benda pelengkap lainnya.

Pengguna akan mendapat boks asli yang sudah dibuka, kartu registrasi, manual referensi, floppy disk perangkat lunak, kemasan, dan jam tangan Seiko WristMac yang belum dibuka dengan nomor seri 70216.

"Ini adalah bagian yang sangat langka dan samar dari sejarah teknologi, dan penemuan yang luar biasa bagi kolektor, investor, dan penggemar Apple," tulis ComicConnect.

Penawaran untuk WristMac langka ini sendiri awalnya dimulai di US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribu. Pada Rabu siang, penawaran tertinggi sekarang ada di US$ 2.077 atau sekitar Rp 29,8 juta.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.