5 Cara Bikin Vlog Kreatif Berbekal Smartphone

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Des 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Ngevlog
Perbesar
Ilustrasi jadi vlogger (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Membuat konten video blog alias vlog kini bukan lagi milik selebgram atau YouTuber terkemuka semata. Siapa pun kini bisa membuat konten video yang bagus, hanya berbekal smartphone.

Pengguna smartphone, baik anak sekolah, remaja, atau orang dewasa sekali pun bisa membuat konten vlog dan membagikannya ke media sosial atau platform berbagi video.

Tak hanya untuk kebutuhan komersial, pembuatan vlog juga bisa berisikan kegiatan sehari-hari yang ingin diabadikan, mulai dari acara keseharian di rumah, liburan, atau acara kegiatan bersama keluarga.

Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk mendukung pembuatan konten vlog?

1. Siapkan Tripod

Tripod bisa jadi alat tambahan untuk ngevlog. Perangkat pendukung fotografi dan videografi ini adalah dudukan stabilisasi berkaki tiga yang memastikan posisi objek bidikan diam dan stabil, dengan begitu hasil rekaman lebih mulus.

2. Bikin Stok Video

Saat kamu mau ngevlog, kamu perlu merekam beberapa video dari berbagai angle atau sudut pandang berbeda sebagai stock shot.

Cara ini berguna ketika kamu sudah mulai melakukan proses editing. Dengan begitu, kamu punya pilihan video dari angle beragam, sehingga vlog tidak membosankan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kosongkan Memori Smartphone

Oppo A16
Perbesar
Oppo A16 (Foto: Oppo Indonesia)

Untuk merekam video ditambah mengambil stok video butuh kapasitas memori besar. Pengguna perlu menyiapkan memori smartphone mereka agar bisa memuat file video berukuran besar.

Untuk pengguna Oppo A16, perangkat ini menyediakan ruang penyimpanan data relatif besar. Smartphone ini didukung memori 32GB atau 64GB, selain itu juga ada fitur penambahan memori eksternal dengan kartu microSD hingga 256GB.

4. Atur Filter dan Resolusi Kamera

Sebelum membuat video vlog, kamu perlu mengatur filter dan resolusi video sesuai kebutuhan. Pengguna perangkat Oppo A16 bisa memilih resolusi video 720P/30fps atau 1080p/30fps. Untuk smartphone lain, pengguna bisa memilih resolusi sesuai yang ada di pengaturan smartphone masing-masing.

Pengguna pun perlu memperhatikan cahaya terbaik, dengan begitu hasil video tidak terlihat gelap. Untuk pengambilan video malam hari, pengguna bisa menggunakan mode malam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Edit Video dengan Aplikasi di Smartphone

Oppo A16
Perbesar
Aplikasi video editor Soloop di Oppo A16 (Foto: Oppo Indonesia).

Pengeditan video kini bisa dilakukan berbekal aplikasi di smartphone. Untuk pengguna Android, pengguna bisa menggunakan aplikasi video editor yang banyak tersedia di Google PlayStore.

Pengguna smartphone Oppo bisa mengedit video dengan aplikasi video editor bawaan bernama Soloop.

Aplikasi ini memudahkan pengguna menyunting video secara cepat dan hasilnya pun cukup apik. Di Soloop juga tersedia berbagai filter, tema, musik, dan efek yang bisa diaplikasikan ke video agar konten vlog makin menarik dan artsy.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya