Indosat Ooredoo dan Snap Gelar IDCamp Developer Challenge Terakhir di 2021

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 30 Nov 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 11:30 WIB
Indosat Ooredoo ID Camp Developer Challenge AR Creator Holiday Series (Dok. Indosat Ooredoo)
Perbesar
Indosat Ooredoo ID Camp Developer Challenge AR Creator Holiday Series (Dok. Indosat Ooredoo)

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo dan Snapchat kembali menggelar IDCamp Developer Challenge di penghujung 2021. Gelaran yang ketiga ini bertajuk AR Creator Holiday Series.

Indosat Ooredoo mengatakan, tantangan ini bertujuan meningkatkan ekosistem augmented reality (AR) di Indonesia, dan mengajak developer untuk membuat lensa AR dengan Lens Studio, aplikasi desktop dari Snap.

Arief Musta'in, Director & Chief Strategy and Inovation Officer Indosat Ooredoo mengatakan, mereka menantikan kreasi lensa yang lebih kreatif untuk IDCamp Developer Challenge AR Creator ketiga dan terakhir tahun ini.

"Kami meyakini dengan inisiatif ini, akan membawa para talenta digital Indonesia untuk semakin siap menjadi creative player di dunia metaverse mendatang," kata Arief dalam siaran persnya, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya, Indosat Ooredoo dan Snap telah menggelar dua tantangan yaitu Lensathon Ramadan dan Hari Kemerdekaan. Tantangan terakhir tahun ini memiliki tema Holiday Series.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Di Jalur yang Tepat

Indosat Ooredoo ID Camp Developer Challenge AR Holiday Series (Dok. Indosat Ooredoo)
Perbesar
Indosat Ooredoo ID Camp Developer Challenge AR Creator Holiday Series (Dok. Indosat Ooredoo)

Karya lensa akan dinilai berdasarkan kriteria yang serupa dengan dua tantangan sebelumnya yaitu seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.

"Antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta menunjukkan, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara yang semakin digital," ujar Arief.

Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap mengatakan, Developer Challenge yang sedang berlangsung adalah investasi Snapchat dalam menumbuhkan komunitasnya di Indonesia.

"Kami sangat senang dengan antusiasme dan keterlibatan yang ditunjukkan oleh komunitas di Indonesia untuk dua developer challenge sebelumnya," kata Nayyar.

"Kami sangat antusias untuk melihat kreasi lensa di challenge terakhir kami, Holiday Series," tambahnya.


Dua Tantangan Pertama

Ilustrasi Snapchat.
Perbesar
Ilustrasi Snapchat. Kredit: MrJayW via Pixabay

IDCamp Developer Challenge pertama dimulai pada bulan April dan berfokus pada festival Ramadhan dan berlangsung selama empat minggu.

Lebih dari dua ribu karya lensa dikirimkan, dan 100 pemenang dianugerahi hadiah 2.500 poin. Rizky Adi, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta menjadi pemenang, dan jadi Creator pertama Indonesia dalam Snap Lens Network.

Sementara di tantangan kedua di bulan Agustus, lebih dari 400 karya dikirimkan.

Desain lensa tiga pemenang teratas adalah Tarik Wajah HUT RI oleh Mario Alfredo Bawu; Panjat Pinang oleh Faraaz Ahmad dan Merdeka Adventure 2 oleh Ziqi Maulana.

Untuk challenge ketiga sendiri dimulai pada 1 November dan berakhir 8 Desember 2021. Pemenang bakal diumumkan pada 17 Desember 2021.

Kreator dari 3 karya lensa pemenang teratas akan menerima masing-masing iPhone XR. S50 pemenang AR Lens teratas akan menerima 2.500 poin untuk mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah.

(Dio/Ysl)


Infografis Yuk Pantau Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan via Situs Satgas Covid-19

Infografis Yuk Pantau Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan via Situs Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Pantau Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan via Situs Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya