Sukses

Mengenal Teknologi di Balik E-Meterai yang Akan Beredar di Indonesia

Digiprimatera telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Peruri Digital Security (PDS) untuk pendistribusian meterai elektronik (e-meterai).

Liputan6.com, Jakarta - PT. Digital Prima Sejahtera (Digiprimatera) melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Peruri Digital Security (PDS) untuk pendistribusian meterai elektronik (e-meterai).

Direktur Utama Digiprimatera, Adios Purnama, mengatakan pandemi Covid-19 mendorong percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya pada pendistribusian dokumen elektronik sehingga banyak transaksi yang juga beralih pada platform digital.

"Digiprimatera merupakan perusahaan yang telah berpengalaman menyediakan layanan transformasi digital sehingga kerja sama ini merupakan bukti nyata kami dalam mendukung digitalisasi pada berbagai sektor, khususnya dalam transformasi dokumen," kata Adios melalui keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 27001:2013 tentang penyediaan layanan e-commerce, platform digital, dan aplikasi lainnya.

E-materai atau meterai elektronik dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan. Pertama OVERT, dimana 70 persen desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda setiap meterai.

Kedua yaitu COVERT, merupaka Peruri seal yang hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader. Ketiga adalah dengan pembuktian oleh Peruri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendistribusian dan Edukasi

Direktorat Jenderal Pajak Bersama Perum Peruri melalui PDS akan melakukan pendistribusian, edukasi, dan penyampaian informasi kepada masyarakat dalam penggunaan e-meterai.

Meterai elektronik akan meningkatkan pengalaman permeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat.

Digiprimatera akan menjadi penyedia layanan pembelian e-meterai melalui plaform DIMENSY (Digital Document Security) dan produk-produk digital security lainnya, seperti Digital Signature, Digital Certificate, serta Digital Stamps & KEYLA.

 

3 dari 4 halaman

Kerahasiaan dan Keamanan

Digiprimatera dan PDS akan menyediakan dokumen elektronik yang menawarkan garansi berupa otentifikasi legalitas dokumen elektronik, nonrepudiation, intergrity dan confidentiality untuk memastikan informasi yang terjaga kerahasiaan dan keamanannya.

Dengan adanya kerja sama ini, PDS dan Digiprimatera berkomitmen untuk saling mendukung dan sama-sama mengunggulkan produk digital khususnya dari Perum Peruri.

Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar, mengungkapkan dalam proses implementasi Produk Digital Peruri, perusahaan akan berkomitmen untuk saling bahu-membahu mengembangkan produk digital yang lebih baik untuk menjadi fasilitas yang dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat di era transformasi digital saat ini.

4 dari 4 halaman

Materai Rp 10.000. Dok DJP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.