Sukses

Deretan Fitur One UI 4 yang Baru Diluncurkan Samsung

Samsung memperkenalkan beberapa pembaruan yang ada dalam One UI 4.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung beberapa waktu lalu mengumumkan peluncuran One UI 4, yang akan hadir di seri Galaxy S21, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra, mulai 15 November 2021.

Samsung mengatakan, dengan opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem yang terus berkembang, One UI 4 "menghadirkan pengalaman mobile yang lebih cangguh, membuat pengguna memegang kendali penuh."

Janghyun Yoon, Executive Vice President dan Head of Software Platform Team, Mobile Communications Business, Samsung Electronics mengatakan, mereka berkomitmen untuk memberikan akses ke pengalaman mobile terbaik.

"One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

Namun Yoon mengatakan mereka tidak akan berhenti di sana. Menurutnya, segera, pengguna smartphone dan tablet Samsung lain juga akan bisa memanfaatkan pembaruan perangkat lunak tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilan dan Widget

Samsung mengungkapkan, ada beberapa pembaruan yang disematkan ke perangkat melalui One UI 4.

Pertama, One UI 4 menghadirkan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih. Pengguna bisa mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

"Singkatnya, user Interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan," kata Samsung.

Widget juga dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail. Ini membantu mengekspresikan signature style di smartphone menjadi sangat mudah.

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam, mulai dari visibilitas hingga tampilan.

Pengguna dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Pengguna juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat.

3 dari 4 halaman

Fitur Kontrol Privasi

Pada fitur privasi, One UI 4 diklaim mampu memonitor dan mengontrol pengaturan privasi dengan lebih mudah, mulai dari memberi peringatan, hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon.

Terdapat juga dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol pengguna di satu tempat yang nyaman untuk dipantau.

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

Samsung juga menyebut, One UI 4 membantu pengguna memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung, hingga aplikasi pihak ketiga.

"Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit Anda," kata Samsung.

Ketika pengguna memakai Galaxy Fold, Galaxy Watch, atau Galaxy Tab, mereka juga akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.