Sukses

Spotify Sedang Uji Coba Video Feed Vertikal Mirip TikTok

Bernama Discover, fitur baru mirip TikTok ini akan menyajikan video musik di feed Spotify yang dapat digulir ke atas atau kebawah oleh pengguna, dan bisa di-like atau skip.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify tampaknya akan menjadi perusahaan terkini yang mengembangkan sebuah fitur baru mirip TikTok di dalam aplikasi buatan mereka.

Bernama Discover, fitur baru ini akan menyajikan video musik di feed yang dapat digulir ke atas atau kebawah oleh pengguna, dan bisa di-like atau skip.

Dilansir Techcrunch, Kamis (25/11/2021), fitur serupa TikTok di Spotify ini muncul sebagai tab keempat di bar navigasi bagian bawah aplikasi, di antara Home dan Search.

Bagi kamu yang penasaran kenapa fitur Discover ini masih belum ada di aplikasi, saat ini Spotify hanya memunculkannya kepada pengguna dalam jumlah terbatas.

Adapun fitur baru di Spotify ini pertama kali ditemukan oleh Chris Messina, dan men-tweet sebuah video singkat bagaimana fitur Discover itu bekerja.

Messina mengatakan kepada Techcrunch, dia menemukan fitur itu di TestFlight build Spotify (versi beta untuk iOS), di mana ikon baru di tab navigasi membawa pengguna langsung ke feed video saat di-tap.

"Kamu bisa swipe ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed, seperti yang Anda lakukan di TikTok. Selain men-tap hati bila menyukai lagu, Anda juga dapat mengetuk menu tiga titik untuk memunculkan lembar informasi lagu tersebut," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Hapus Tombol Shuffle di Album Page

Spotify. Sumber: Parentesis.com

Spotify berhenti mengacak pemutaran lagu-lagu album secara default. Menurut laporan BBC, keputusan Spotify menghilangkan tombol shuffle di album page ini dilakukan atas permintaan dari penyanyi Adele.

Sebelumnya, ketika melihat album di Spotify, pengguna akan melihat ikon shuffle kecil di dalam tombol "Play". Hal ini memperlihatkan, Spotify akan mulai memutar lagu-lagu di album dalam urutan acak, padahal pemutaran lagu secara acak tidak selalu diinginkan oleh pengguna.

Mengutip The Verge, Senin (22/11/2021), kini ketika pengguna menekan tombol "Play" di tampilan album, lagu-lagu akan diputar secara berurutan sesuai track-nya. Hal ini berlaku selama pengguna berlangganan layanan Premium Spotify.

Sebelumnya, Adele meminta Spotify untuk mengubah fitur ini dengan alasan, album harus didengarkan dalam urutan tertentu.

3 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih Adele

(twitter.com/AppleMusic)

Lewat sebuah cuitan, Adele pun mengirimkan terima kasih-nya kepada Spotify atas perubahan tersebut.

"Seni kami menceritakan sebuah kisah dan cerita tersebut harus didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify telah mendengarkan," cuit Adele.

Akun Twitter Spotify kemudian membalas tweet Adele, menuliskan "Apa pun untukmu", menandakan langkah tersebut dilakukan memang karena permintaan Adele.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.