Sukses

WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Reaction di Android

Menurut laporan terbaru, WhatsApp mulai melakukan uji coba fitur reaction untuk versi beta di perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan mulai menghadirkan fitur reaction untuk aplikasi versi beta di Android. Informasi ini diketahui dari laporan WABetaInfo setelah versi beta 2.21.24.8 mulai dirilis.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (22/11/2021), WhatsApp memang tengah mengembangkan fitur reaction selama beberapa bulan terakhir. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada pesan yang diterima.

Fitur ini sebenarnya sudah hadir lebih dulu di aplikasi Facebook. Seperti diketahui, pengguna kini bisa memberikan beragam reaksi pada unggahan maupun komentar di Facebook, tidak lagi sekadar tombol like.

Menurut laporan, WhatsApp awalnya tidak memiliki rencana mengungkap kehadiran fitur reaction untuk para pengguna. Namun akhirnya, perusahaan mulai mengembangkan fitur ini di iOS versi beta, dan kini mulai dikembangkan untuk pengguna Android.

Kendati demikian, belum ada informasi mengenai kapan fitur ini akan menyambangi seluruh pengguna. Alasannya, berdasarkan sumber, fitur reaction ini juga masih digulirkan secara bertahap untuk pengguna WhatsApp versi beta, sehingga belum semua bisa merasakannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Bakal Kedatangan Fitur Reaksi Mirip Facebook dkk

Untuk diketahui, sejak Agustus 2021, WhatsApp diketahui tengah mengembangkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat merespon atau reaksi terhadap pesan, seperti di Instagram, Facebook, iMessage, dan Twitter.

Fitur reaksi terhadap pesan di aplikasi chat seperti ini memang terbilang cukup baru. Biasanya, aplikasi chat tradisional hanya menghadirkan fitur reply, forward, atau memberikan reaksi sebatas dalam bentuk emoji.

Dilansir WABetaInfo, Kamis (26/8/2021), fitur reaksi ini kedapatan sedang dikembangkan, dan sudah hadir hanya di sejumlah pengguna WhatsApp terbatas.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di bawah, fitur baru WhatsApp ini tidak akan tampil bila pengguna masih menggunakan versi lama aplikasi pesan.

Karena masih menggunakan versi yang lama, pengembang akan memunculkan pesan yang berbeda dan meminta pengguna untuk meng-update WhatsApp agar dapat menggunakan fitur reaksi ini.

Lalu bagaimana bentuk atau tampilan fitur reaksi di WhatsApp? Berhubung masih dalam pengembangan, tampaknya kita harus sabar menunggu hingga fitur tersebut hadir dalam update WhatsApp mendatang.

3 dari 3 halaman

WhatsApp Tak Bisa Lagi Dipakai di Sejumlah Smartphone

Di sisi lain, WhatsApp mengumumkan pihaknya akan menghentikan dukungan untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android lawas, OS 4.0.4 mulai 1 November 2021.

Informasi ini berarti, pengguna yang masih menggunakan smartphone dengan OS 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung smartphone Android yang menjalankan OS 4.0.4 atau lebih tua mulai 1 November 2021," kata WhatsApp dikutip dari website-nya, Rabu (25/8/2021).

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.