Sukses

UI-Microsoft Bermitra Cetak Talenta Digital dan Pendidikan Modern

Dengan kemitraan ini, UI dan Microsoft Indonesia akan bekerja secara dekat untuk mendukung terciptanya talenta digital Indonesia dengan daya saing tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Indonesia (UI) dan Microsoft Indonesia menjalin kemitraan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan pendidikan yang modern.

Penandatanganan Nota Kesepakatan UI dan Microsoft ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejumlah inisiatif potensial yang dapat membantu keduanya untuk terus berkontribusi terhadap pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.

Lewat kemitraan ini, UI dan Microsoft Indonesia akan bekerja dekat untuk mendukung terciptanya talenta digital Indonesia dengan daya saing tinggi, membentuk pengalaman belajar mengajar modern, dan semakin melibatkan institusi pendidikan dalam kemajuan kegiatan industri.

"Transformasi digital telah mengubah cara pembelajaran, sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap kemajuan digitalisasi proses pembelajaran dan penelitian," kata Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, mengutip siaran persnya, Selasa (23/11/2021).

Ari mengatakan, perjuangan menghadapi pandemi menunjukkan, digitalisasi pendidikan dan penelitian merupakan proses yang mutlak bagi kehidupan masyarakat saat ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejalan dengan Program UI SMART

Menurut Ari, kerja sama UI dengan mitra-mitra dalam bidang e-learning terus berkembang dinamis sejalan dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Oleh karena itu, Ari mengatakan bahwa UI siap menjadi "jembatan emas, untuk berkolaborasi penta helix dalam hal pengembangan pendidikan."

"Sehingga terjadi transformasi digital dalam proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, antara pemerintah, UI, bisnis dan industri, media massa, dan komunitas filantropis," ujarnya.

Dengan dukungan dari Microsoft Indonesia, UI berharap dapat mewujudkan pengembangan digitalisasi proses pendidikan dan penelitian di UI, sekaligus bersinergi dengan mitra-mitra UI lainnya.

Hal ini sejalan dengan program UI SMART yaitu, UI Sehat Mandiri Aktual Riset Teknologi yang merupakan bagian dari UI Inisiatif dalam rangka mempersiapkan SDM unggul menjelang Indonesia emas 2045.

3 dari 4 halaman

Masuk ke Era Hybrid

Rumpun-rumpun ilmu di UI pun perlu digerakkan dan disinergikan, mulai dari rumpun ilmu kesehatan, rumpun ilmu sains dan teknologi, dan rumpun ilmu sosial dan humaniora, untuk melakukan riset-riset kesehatan masyarakat berbasis digital dengan dukungan Microsoft Indonesia.

"Selama lebih dari 25 tahun mendukung transformasi digital di Indonesia, kami selalu menjadikan pendidikan sebagai bagian dari fokus utama," kata Linda Dwiyanti, Direktur Partnership Microsoft Indonesia.

Linda mengatakan, pendidikan merupakan salah satu fondasi utama yang dapat mendorong kemajuan serta ketangguhan bangsa.

Menurut Linda, saat ini kita masuk ke era hybrid yang memerlukan berbagai adaptasi baru dalam proses belajar mengajar.

"Dan dengan kompetensi digital menjadi salah satu skill dasar dalam bekerja, kami percaya kolaborasi untuk memodernisasi pendidikan Indonesia menjadi semakin penting," kata Linda.

Melalui kemitraan UI dan Microsoft, keduanya berharap bisa menciptakan semakin banyak dampak positif pada tenaga pendidik, mahasiswa, peneliti, dan staf ahli yang yang ada di UI.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.