Sukses

Ilmuwan Temukan Orang Kedua yang Sembuh Secara Alami dari HIV

Ilmuwan di Massachusetts menemukan orang kedua yang bisa sembuh secara alami dari HIV. Padahal pasien ini sudah 7 tahun hidup dengan HIV.

Liputan6.com, Jakarta - HIV dipandang sebagai penyakit yang bisa merenggut nyawa pasien. Namun bukan berarti mereka tak bisa hidup normal.

Saat ini dengan terapi antiretroviral (ARV), ada banyak orang dengan HIV bisa menjalani kehidupan yang relatif normal. Menyembuhkan penyakit ini dan membunuh virus masih menjadi tantangan bagi banyak peneliti.

Namun tampaknya para peneliti makin dekat dengan tujuannya membunuh virus HIV dari tubuh pasien. Hal ini berdasarkan informasi dari peneliti di Massachusetts, AS.

Mengutip Ubergizmo, Kamis (18/11/2021), para peneliti ini menemukan pasien kedua yang sepenuhnya telah mengalahkan infeksi HIV sendiri tanpa memerlukan antivirus maupun transplantasi sumsum tulang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuh Tahun Hidup dengan HIV

Menurut informasi, pasien yang dijuluki The Esperanza itu telah hidup dengan HIV selama tujuh tahun. Namun para peneliti menyatakan pasien tersebut sembuh total dari HIV.

Kesimpulan ini berdasarkan pengujian pada lebih dari 2 miliar sel darah dan jaringan si pasien.

Kepada Gizmodo, seorang peneliti di Ragon Institute, Xu Yu, mengatakan, "Contoh dari dua kasus ini benar-benar memperlihatkan bahwa upaya kami menemukan obat untuk infeksi HIV tidaklah sulit dipahami."

3 dari 4 halaman

Berharap Lebih Banyak Orang Bebas dari HIV

Ia menambahkan, "Jika kami mempelajari cara kerja kekebalan alami terhadap virus, kami akan dapat melakukannya."

Dengan kesembuhan ini, para ilmuwan percaya ke depannya akan ada lebih banyak orang yang bisa sembuh dari HIV secara alami.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang AIDS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.