Sukses

Grab Berkolaborasi dengan Kemenkop UKM Dukung Perluasan UKM Go Digital

Grab dan Kemenkop UKM baru saja menandatangani nota kesepahaman sebagai lanjutan dari kemitraan strategis dukung perluasan digitalisasi UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Grab baru saja mengumumkan penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis untuk mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia sejak September 2020.

"Perkembangan digitalisasi para pelaku UMKM dalam satu tahun ke belakang sangat menggembirakan. Bergabungnya UMKM ke platform digital seperti Grab telah membantu para pelaku tersebut mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut," tutur Menteri Koperasi dan Usah Kecil dan Menengah, Teten Masduki.

Sementara itu, Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menuturkan pihaknya sangat terhormat kembali dipercaya sebagai pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program digitalisasi UMKM.

"Kami percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital," tutur Neneng dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (17/11/2021).

Dalam naungan kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalitasi bagi pelaku UMKM Tanah Air.

Dengan bekal tersebut, para mitra UMKM diharapkan tidak hanya melahirkan inovasi produk dan layanan yang menjawab kebutuhan konsumen.

Lebih lanjut Neneng menuturkan, Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru, termasuk peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022. Untuk diketahui, Grab telah menjadi mtira strategis Kemenkop UKM untuk memperluas dampak sosial dan ekonomi dalam pemberdayaan kapasitas UMKM.

Sejumlah program kolaborasi telah dilakukan untuk mencapai pemerataan digitalisasi bagi pelaku UMKM, seperti inisiatif Terus Usaha. Selain itu, bersama dengan Emtek dan Bukalapak, Grab juga menghadirkan inisiatif Kota Masa Depan untuk mendorong digitalisasi UMKM.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Grab Gelar Makanthon 2021, Mega Festival Kuliner Berhadiah Total Rp 2 Miliar

Grab kembali menggelar Makanthon, mega festival kuliner yang merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pengguna yang terus mendukung mereka, khususnya GrabFood, sepanjang 2021.

Pelanggan Grab juga bisa berpartisipasi dalam Makanthon 2021 dengan berbelanja di layanan GrabMart. Adapun, event ini diadakan sejak 1 November hingga 19 Desember 2021.

Grab mengungkap, pelanggan berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp 2 miliar dengan berbelanja di puluhan ribu mitra merchant GrabFood dan GrabMart.

Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia dalam siaran pers, Kamis (11/11/2021) mengatakan, di 2021 semua masih berjuang untuk melawan pandemi yang masih ada di depan mata.

"Terlepas dari tantangan yang ada, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna Grab di Indonesia yang terus mendukung kami dan juga para mitra merchant GrabFood dan GrabMart," kata Hadi.

3 dari 4 halaman

Bentuk Apresiasi

Hadi menjelaskan, Makanthon merupakan salah satu bentuk apresiasi mereka kepada masyarakat Indonesia.

"Dan kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan nilai tambah di layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari konsumen," imbuh Hadi.

Hadi pun berharap agar kehadiran Makanthon dapat mendukung para pelaku bisnis makanan dan minuman di Indonesia dalam mengembangkan usahanya.

"Kami juga mengajak para konsumen untuk memeriahkan mega festival kuliner terbesar di Indonesia ini dengan memesan makanan atau berbelanja dari mitra merchant GrabFood dan GrabMart favorit mereka."

Selama kampanye ini, Grab menawarkan berbagai diskon yang tersedia di ribuan brand F&B dan grocery favorit di seluruh Indonesia.

Lewat Makanthon, konsumen GrabFood dan GrabMart bisa berpartisipasi dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah mulai dari 12 unit iPhone 12, 120 logam mulia dengan berat masing-masing 10 gram, serta 1 unit BMW X1.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Kerjasama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.