Sukses

GoTo Sebut 4 Juta Mitra Gabung ke Ekosistem Selama Pandemi, Sebagian Besar UMKM

GoTo mengklaim, di masa pandemi ada lebih dari empat juta mitra, yang sebagian besar adalah pelaku UMKM, bergabung kepada ekosistem mereka

Liputan6.com, Jakarta - Grup teknologi GoTo mengklaim adanya pertumbuhan UMKM yang bergabung menjadi mitra di dalam layanan mereka selama masa pandemi.

Dalam konferensi pers virtual terkait Konferensi Maju Digital, Nila Marita, Chief Corporate Affairs Grup GoTo mengungkapkan, selama pandemi, lebih dari empat juta mitra bergabung dengan mereka.

"Jadi dari tahun 2020, ada lebih dari empat juta pelaku, sebagian besar adalah pelaku UMKM yang bergabung kepada ekosistem kita. Baik di Gojek, Tokopedia, maupun GoPay," kata Nila, Jumat (12/11/2021).

Nila mengatakan, 92 persen UMKM dari seluruh mitra merchant mereka, lebih cepat beradaptasi di pandemi melalui Gojek.

Nila melanjutkan, menurut data dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, estimasi kontribusi ekosistem Gojek dan GoTo Financial sebesar 1,6 persen dari Produk Domestik Bruto nasional.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Transaksi di GoTo Financial

Selain itu, Nila merinci, data dari Tokopedia menyebutkan, tujuh dari 10 pelaku UMKM yang menjadi mitra mereka, mengalami kenaikan volume penjualan.

"Jadi kita melihat juga para mitra di Tokopedia, justru di saat pandemi ini, dari tahun 2020, memang banyak sekali melakukan inovasi-inovasi, sehingga tetap mendapatkan kenaikan penjualan," kata Nila.

Terkait GoTo Financial, survei Lembaga Demografi UI mencatat, selama 2020, mitra usaha GoTo Financial naik tiga kali lipat dan total transaksi naik hampir enam kali lipat.

"Sementara kalau di GoFood, mitra UMKM mendapatkan kenaikan pendapatan sebesar 66 persen di tahun 2021," kata Nila.

"Dari frame data-data yang kami miliki, terutama di masa pandemi, memperlihatkan bahwa para pemain UMKM, sangat bisa terbantu dengan mereka going digital," imbuh Nila.

3 dari 4 halaman

Konferensi Nasional Maju Digita

GoTo sendiri menggelar Konferensi Nasional Maju Digital yang bertujuan memfasilitas peningkatan daya saing UMKM lokal. Acara virtual ini akan digelar Sabtu (13/11/2021) pukul 09.00 WIB.

Adapun kegiatan tersebut disiarkan di di Tokopedia Academy, YouTube Tokopedia Seller, YouTube Mitra Usaha Gojek, Tokopedia Play, dan GoPlay.

GoTo mengatakan, Konferensi Nasional Maju Digital menghadirkan belasan sesi edukatif dan inspiratif yang dibawakan oleh sejumlah ahli dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta skala usaha.

Masyarakat, terutama pegiat UMKM lokal, bisa mengikuti konferensi ini secara gratis.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis 11 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

    GoTo

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

  • Tokopedia adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia.

    Tokopedia

  • GoPay