Sukses

Ingin Ramah Disabilitas, Game Forza Horizon 5 Bakal Sertakan Penerjemah Bahasa Isyarat

Pengembang game Forza Horizon 5 menyatakan, sejak awal peluncurannya, mereka sudah memiliki beberapa fitur yang mempermudah pemain disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Game bergenre balap Forza Horizon 5 berencana akan menambahkan penerjemah bahasa isyarat di layar, yang akan muncul selama cutscene, sehingga lebih ramah bagi disabilitas.

Meski tidak dimasukkan dalam peluncurannya pada 9 November 2021, namun pengembang Forza Horizon 5 merencanakan mereka akan hadir lewat pembaruannya.

Dilansir The Verge, Kamis (11/11/2021), Mike Brown, Creative Director, Playground Games menulis dalam unggahan di blog Xbox Wire bahwa fitur ini akan segera hadir, tanpa merinci tanggal rilis pastinya.

"Kami terus mendengarkan komunitas untuk menjadikan Forza Horizon 5 pengalaman inklusif untuk dinikmati semua orang," kata Brown.

Brown mengungkapkan ia dan timnya sedang mengerjakan dukungan American Sign Language (ASL) dan British Sign Language (BSL), untuk adegan sinematik di game tersebut.

"Segera hadir, fitur ini akan menyertakan tampilan gambar dalam gambar dekat bawah layar dari penerjemah ASL/BSL selama sinematik di dalam game," kata Brown. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Fitur yang Inklusif

Dalam blog Xbox Wire, Brown pun menyebut bahwa sejak awal dikembangkan, game Forza Horizon 5 memprioritaskan untuk memasukkan fitur aksesibilitas.

Menurut Brown, ia ingin agar semua orang di dunia bisa merasakan permainan yang mereka buat.

"Dengan lebih dari 400 juta pemain penyandang disabilitas di seluruh dunia, sangat penting bagi semua pemain untuk dapat menyesuaikan permainan mereka dengan cara yang paling cocok untuk mereka," katanya.

Di sini pemain bisa mengatur kecepatan bermain, yang memungkinkan mereka bermain dengan kecepatan yang lebih rendah saat bermain secara offline.

Selain itu, pengembang juga memberikan mode High Contrast, sehingga membuat pemain bisa mengubah warna untuk membuat menu dan teks lebih mudah dibedakan.

3 dari 4 halaman

Fitur Bagi Pemain Buta Warna

Mereka juga menyediakan mode Color Blindness bagi pemain buta warna, agar bisa memvisualisasikan elemen game dengan lebih baik.

Untuk subtitle, pemain bisa menghidupkan atau mematikannya, menyesuaikan ukuran font, menyesuaikan background opacity, ukuran font, hingga menyoroti kata kunci.

Game ini juga menyertakan narator pembaca layar yang membacakan teks, tombol, dan elemen lain dengan lantang, dan opsi text-to-speech dan speect-to-text untuk pemain yang ingin berpartisipasi dalam Voice Chat.

Pemain juga bisa menonaktifkan latar belakang yang bergerak, serta mampu mengatur durasi notifikasi yang memungkinkan pemain untuk mengatur berapa lama notifikasi dalam game muncul.

Forza Horizon 5 sendiri dirilis pada 9 November di Xbox Series X/S, Xbox One, dan PC.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.