Sukses

Gojek dan PT KCI Integrasikan Tiket KRL dengan Layanan On-Demand via GoTransit

Gojek dan KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang memungkinkan pengguna memesan Gocar dan Goride ke dan dari stasiun komuter sekaligus tiket kereta komuter langsung dari aplikasi gojek, dalam satu kali bundle pembelian.

Liputan6.com, Jakarta - Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) berkolaborasi mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan on-demand untuk solusi perjalanan menyeluruh. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mempermudah penggunaan transportasi publik.

Gojek dan KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang memungkinkan pengguna memesan Gocar dan Goride ke dan dari stasiun komuter sekaligus tiket kereta komuter langsung dari aplikasi gojek, dalam satu kali bundle pembelian.

Mengutip keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (10/11/2021), integrasi ini diharapkan bisa dinikmati pengguna awal 2022. Nantinya, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan Gopay atau LinkAja.

Lewat kolaborasi Gojek-KCI, GoTransit dapat memberi layanan dan perencanaan perjalanan lebih efisien karena memungkinkan pengguna memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi.

Selain itu juga membandingkan harga moda transportasi publik, memilih rute perjalanan yang efisien, memberi estimasi waktu total perjalanan, dan jadwal operasional transportasi publik.

Co-founder dan CEO Gojek, Kevin Aluwi menyebut, langkah kolaborasi ini adalah upaya bersama untuk menghubungkan transporasi publik ke dalam ekosistem Gojek.

"Berdasarkan data internal, sebagian pelanggan memanfaatkan Goride dan Gocar sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan untuk menuju dan dari stasiun kereta komuter Jabodetabek," katanya.

Menurutnya, hal tersebut memperlihatkan bahwa layanan Goride dan Gocar penting untuk melengkapi transportasi publik, untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudahkan Masyarakat Jangkau Stasiun Commuter Line

Sementara itu, Direktur Utama PT KCI Roppiq Luthfi Azhar mengatakan, kolaborasi dengan Gojek sejalan dengan fokus KCI untuk memudahkan masyarakat menjangkau stasiun kereta.

"Layanan Goride dan Gocar menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang kadang masih sulit dijangkau masyarakat," katanya.

Kerja sama strategi ini merupakan upaya bersama memaksimalkan integrasi antarmoda sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas, dengan minim kendaraan pribadi.

3 dari 4 halaman

70 Persen Penumbang Commuter Line Milenial

"Dengan 70 persen lebih milenial yang bergabung dengan KAI Commuter, kerja sama dengan Gojek melalui layanan GoTransit kami harapkan dapat membuahkan inovasi dalam pelayanan masyarakat, kshususnya pengguna commuter line," katanya.

Sebelumnya, sejak 2020 Gojek telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan untuk mengintegrasikan empat stasiun terpadu di Jakarta. Gojek menghadirkan layanan Goride Instan di Stasiun Juanda, Sudirman, Tanahabang, dan Pasar Senen.

Gojek juga menghadirkan titik jemput di 27 stasiun yang tersebar di Jabodetabek. 

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Kereta Api di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.