Sukses

Esports Charts: Mobile Legends Rajai Game Genre MOBA di Asia Tenggara

Dari laporan Esports Charts, Mobile Legends: Bang Bang mampu mengungguli gim esports lainnya di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Esports Charts, perusahaan analisis dan big data mining untuk esports, olahraga tradisional, dan hiburan baru saja merilis laporan terkait informasi penyebaran game esports mobile terpopuler di dunia.

Adapun laporan popularitas ini didasarkan pada jumlah jam tayang (hours watch) dari beragam turnamen esports yang terjadi di berbagai negara di dunia, dan mengetahui gim apa yang paling digandrungi di masing-masing area.

Di Asia sendiri, gim mobile berkembang lebih cepat ketimbang di region Amerika Serikat hingga Eropa. Dari data dapat diketahui judul gim saja yang populer di Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Dilansir Esports Charts, Selasa (9/11/2021), Mobile Legends: Bang Bang mampu mengungguli gim mobile esports populer lainnya, seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Di antara negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia tercatat memberikan kontribusi paling besar pada total hours watched dari turnamen Mobile Legends. Negara lainnya, termasuk Filipina, Kamboja, dan Myanmar.

"Pencapaian ini tentu saja tak terlepas atas kontribusi serta peran dari semua pihak yang telah mendukung kami selama ini termasuk pecinta MLBB, stakeholders, dan media," ujar Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton.

Karena pencapaian tersebut, gim buatan Moonton ini juga sukses menjadi raja gim genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) di area Asia Tenggara.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Penonton Saat Ajang MPL Indonesia Season 8

MPL Indonesia Season 8. (Dok. MPL ID)

Lebih lanjut, tim Moonton juga mengungkap berapa jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan final MPL Indonesia Season 8 pada akhir Oktober lalu antara ONIC Esports vs RRQ Hoshi.

Disebutkan, jumlah penonton saat final mampu memecahkan rekor sebelumnya dalam jumlah audience yang menonton secara bersamaan (peak concurrent viewers/pcu) di angka 2,4 juta orang.

Minggu lalu, 7 November 2021, turnamen MLBB level Asia Tenggara selesai diselenggarakan dan tim Indonesia, ONIC Esports, berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan tim MLBB dari Filipina dengan skor 3-1.

3 dari 3 halaman

Gim Esports Lainnya

Arena of Valor. Liputan6.com/ Yuslianson

Sementara itu, di Vietnam, Thailand, Taiwan dan Macau, Arena of Valor menjadi game esport paling populer di keempat negara tersebut. Di Korea Selatan, Clash of Clans mampu mengantongi angka 12 ribu HW.

Sedangkan gim MOBA lainnya, yakni League of Legends: Wild Rift paling diminati di Hong Kong dengan jumlah jam tayang mencapai 23,5 ribu berkat event SEA Icon Series 2021 Summer.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.