Sukses

Cara Pakai WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus, Seperti Apa?

Berikut ini cara menggunakan WhatsApp di empat perangkat sekaligus, termasuk keterbatasan fitur yang ada di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akhirnya menggulirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna memakai perangkat lain secara mandiri. Jadi, smartphone utama yang terpasang akun WhatsApp tidak perlu selalu aktif, agar perangkat lain tetap dapat menerima atau mengirimkan pesan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menghubungkan hingga 4 perangkat berbeda, baik versi Web, Desktop, serta Portal pada satu akun WhatsApp. Seluruh akun tersebut tetap dapat aktif secara mandiri, meski smartphone utama tidak terhubung.

Kendati tidak terhubung, aplikasi milik Facebook memastikan seluruh percakapan tetap dilindungi enkripsi end-to-end. WhatsApp juga mengingatkan bukan berarti akun di luar perangkat utama tidak akan terputus, meski dapat aktif secara mandiri.

"Jika kamu tidak menggunakan smartphone-mu lebih dari 14 hari, perangkat yang terhubung dengan akun milikmu akan terputus," tulis perusahaan seperti dikutip dari situs resminya.

Lantas, seperti apa cara menggunakan fitur baru ini? Berikut ini adalah langkah-langkahnya seperti dikutip dari situs resmi.

Android

  • Buka WhatsApp, Pilih More Options
  • Ketuk Linked Devices
  • Ketuk Multi-device beta
  • Ketuk Join Beta
  • Lalu pindai kode QR dari WhatsApp Web untuk membuatnya terhubung

iPhone

  • Pilih WhatsApp Settings
  • Ketuk Linked Devices
  • Ketuk Multi-Device Beta Ketuk Join Beta
  • Lalu pindai kode QR dari WhatsApp Web untuk membuatnya terhubung

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterbatasan Fitur

Perlu diingat, fitur ini memang sudah dirilis untuk publik, tapi masih bersifat beta. Karenanya, WhatsApp menyebut ada beberapa keterbatasan, berikut ini adalah daftarnya

  • Apabila perangkat utama-mu iPhone, kamu tidak bisa menghapus pesan di perangkat tambahan
  • Menelepon atau mengirimkan pesan ke orang lain yang menggunakan WhatsApp versi lawas
  • Multi-device tidak mendukung pengunaan di tablet
  • Melihat live location dari perangkat tambahan
  • Membuat dan melihat daftar broadcast di perangkat tambahan
  • Mengirimkan pesan dengan pratinjau tautan dari WhatsApp Web
3 dari 4 halaman

Facebook Jadi Meta, WhatsApp Ikut Alami Perubahan

Di sisi lain, setelah Facebook Inc mengumumkan rebranding nama menjadi Meta, terjadi perubahan untuk produk-produk keluarga Facebook. Antara lain untuk produk aplikasi Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Perubahan yang dimaksud adalah Meta kini mengubah footer aplikasinya untuk merefleksikan rebranding dari Facebook ke Meta.

Perubahan ini terlihat oleh WABetaInfo pada WhatsApp versi beta 2.21.220.14. Mengutip laman 9to5Mac, Minggu (31/10/2021), ketika pengguna membuka aplikasi versi beta terbaru, WhatsApp tidak lagi menampilkan tulisan "WhatsApp from Facebook" melainkan "WhatsApp from Meta".

Sebelumnya, sekitar setahun lalu, WhatsApp menambahkan brand "from Facebook". Infomasi ini bisa dilihat ketika pengguna membuka aplikasi WhatsApp.

Kini perusahaan mengubah brand ke "from Meta" untuk mencerminkan tujuan perusahaan menjadi perusahaan metaverse.

WABetaInfo juga mencatat, WhatsApp menghapus footer "WhatsApp from Facebook" pada bagian pengaturan.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.