Sukses

Indosat Ooredoo Umumkan 6 Tim Pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021

Indosat Ooredoo mengumumkan pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021, sebuah program open innovation berbentuk kompetisi riset pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo mengumumkan pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021, sebuah program open innovation berbentuk kompetisi riset pengguna.

Kompeitisi ini bertujuan mencari talenta digital terbaik dalam menemukan ide dan solusi yang valid dan aplikatif untuk inovasi fitur e-wallet.

Nilai transaksi uang elektronik di Indonesia, merujuk data Bank Indonesia, mencapai Rp 201 triliun (US$ 13,95 miliar) pada tahun 2020, tumbuh 38,62% dari Rp 145 triliun (US$ 10,07 miliar) pada tahun 2019.

Bank Indonesia juga memperkirakan serapan transaksi digital akan terus berlanjut dengan pertumbuhan e-commerce dan e-payment masing-masing sebesar 33,2% dan 32,3% pada tahun 2021.

"E-Wallet User Research Challenge 2021 hadir dengan tujuan untuk mengasah kompetensi generasi muda dalam menciptakan solusi pembayaran digital yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas," ujar Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta'in.

Para peserta program ini, kata Arief, juga berkesempatan untuk belajar dari para ahli pada masing-masing tahap.

Tahap-tahap itu antara lain mencakup:

  • empathize: peserta dilatih untuk memahami perilaku, permasalahan, dan kebutuhan pengguna;
  • validation: peserta dilatih untuk menguji ide secara langsung terhadap pengguna;
  • pitching: peserta dilatih untuk membuat model bisnis untuk dipresentasikan langsung kepada para juri.

"Kami berharap para peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program ini dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas," tutur Arief.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Total Peserta dan Juri

E-Wallet User Research Challenge 2021 yang dibuka sejak Juli 2021 lalu telah mengumpulkan 235 ide inovasi dari 766 peserta dari seluruh Indonesia.

Ide-ide yang terpilih sebagai pemenang telah melalui sesi penjurian ketat dan dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti metode riset, keunikan atau kreativitas, solusi dan kontribusi yang ditawarkan, model bisnis, serta kemungkinan untuk diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Juri-juri yang terlibat antara lain Arief Musta'in, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo; Fahroni Arifin, SVP-Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo; Pridesta Yudha, SVP-Head of Business Innovation Indosat Ooredoo; Mira Kania Sabariah, Head of Software Engineering Undergraduate Program Telkom University; dan Seterhen Akbar Suriadinata, Founder & CEO Labtek Indie.

 

3 dari 4 halaman

Pemenang

Di bawah ini adalah daftar para pemenang E-Wallet User Research Challenge 2021 berdasarkan kategori:

Ide Terbaik

  • Juara 1: Tim Berproses Bersama
  • Juara 2: Tim Pennyworth
  • Juara 3: Tim VYT 

Ide Terfavorit

  • Juara 1: Tim A2F Markethink
  • Juara 2: Tim 3Musketeers
  • Juara 3: Tim Achamad
4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.