Sukses

Telkomsel Gelar The NextDev 2021, Cari 12 Startup untuk Diinkubasi

Lewat program The NextDev 2021 ini, Telkomsel ingin meningkatkan startup digital tahap awal (early stage) dengan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi startup dalam menciptakan perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel kembali menggelar program validasi dan inkubasi startup digital pencipta perubahan, The NextDev 2021.

Lewat program CSR ini, Telkomsel ingin meningkatkan startup digital tahap awal (early stage) dengan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi startup dalam menciptakan perubahan.

Upaya tersebut dilakukan melalui serangkaian kegiatan The NextDev, mulai dari pencarian bakat di Talent Scouting, inkubasi dan mentoring di Academy, konferensi dan showcase di Summit, serta tracking dan development di Hub.

Menurut VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, The NextDev telah digelar sejak 2015 dengan fokus meningkatkan potensi startup digital tahap awal dalam menghadirkan dampak sosial bagi masyarakat.

"Lewat The NexDev, Telkomsel berupaya mengoptimalkan sumber daya dan ekosistem yang ada di perusahaan untuk mengembangkan startup dengan memberikan edukasi dan dukungan, mulai dari pendampingan, hingga membuka akses dan jejaring bagi startup," kata Denny, dikutip dari keterangan resmi Telkomsel, Sabtu (6/11/2021).

Tahun ini, The NextDev memiliki skema program lebih komprehensif bagi startup, terutama dalam menjawab berbagai isu dan tantangan sosial di taraf nasional dan internasional yang jadi fokus dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Menurut Denny, The NextDev didesain agar dapat berperan sebagai enabler bagi pertumbuhan para startup digital pencipta perubahan berdampak di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Untuk memperkuat peran tesebut, The NextDev berupaya membina hubungan dan berkolaborasi dengan startup, investor, pemerintah, swasta, dan berbagai stakeholder lainnya di industri, yang akan semakin mendukung pertumbuhan para pelaku startup.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sub-program The NextDev 2021

Pada program The NextDev 2021, terdapat beberapa sub-program yang secara keseluruhan rangkaian menjadi tahapan perjalanan para startup digital peserta.

Pertama, dalam The NextDev Talent Scouting, ratusan peserta dengan Minimum Viable Product (MVP) terbaik disaring melalui sebuah kompetisi pitching online berhadiah dana pengembangan.

Kemudian 12 startup digital terbaik pencipta perubahan berdampak akan dipilih untuk mengikuti program inkubasi The NextDev Academy. Dalam program ini, mereka akan dihubungkan dengan mentor yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pertumbuhan mereka akan dipandu ke arah yang lebih tepat agar startup mencapai kemajuan sesuai dengan harapan. Pada akhir program, para alumni akan berpartisipasi dalam The NextDev Summit.

The NextDev Summit adalah konferensi untuk berinteraksi dan berkolaborasi bersama stakeholders. Pada ajang ini, Telkomsel menghadirkan konten-konten inspiratif dan wawasan yang lebih dalam terhadap isu dan tantangan yang perlu kita selesaikan di taraf nasional maupun internasional.

3 dari 4 halaman

The NexDev Hub

Guna semakin memperkuat dukungan, Telkomsel juga menghadirkan The NextDev Hub, yang merupakan platform penunjang bagi rangkaian program inti The NextDev.

Database Hub mencakup ribuan startup The NextDev agar dapat mewadahi penjajakan kerjasama dan peluang bagi para startup dan stakeholder mereka.

Hub juga secara rutin melangsungkan seminar dan lokakarya bagi startup dan talenta digital secara daring, termasuk The NextDev On Tour untuk mempromosikan dan melibatkan komunitas-komunitas startup di Indonesia.

Pada 2021 ini, Hub memulai Digitalent Academy untuk turut mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan pendidikan hingga 20 talenta digital di sejumlah wilayah tertinggal di Indonesia.

“The NextDev akan mendorong peran perusahaan dengan melancarkan perubahan berdampak dari para startup digital melalui dukungan ekosistem yang ada di Telkomsel,” pungkas Denny.

Pendaftaran dan rangkaian program The NextDev 2021 #UnleashImpact dapat diakses melalui website www.thenextdev.id. Ikuti terus perjalanan The NextDev 2021 di platform sosial media @thenextdev.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.