Sukses

PointStar Gandeng Facebook Workplace Maksimalkan Sistem Kerja Hybrid

Facebook dibuat untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, sedangkan Facebook Workplace dibuat untuk menghubungkan dunia di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Komunikasi internal di sebuah perusahaan menjadi hal yang sangat krusial, terlebih dengan adanya kebijakan WFH (work from home) di masa pandemi.

Proses komunikasi dalam divisi yang sama maupun inter-divisi menjadi tantangan baru karena para karyawan harus beradaptasi dengan perubahan pola komunikasi langsung menuju pola komunikasi digital.

Untuk menjawab tantangan tersebut PointStar menjalin kerjasama dengan Facebook Workplace sebagai platform sosial intranet guna memudahkan komunikasi internal bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Komunikasi internal bertujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi yang efisien di antara karyawan dalam sebuah perusahaan untuk membuat dan mendistribusikan pesan serta kampanye dari pihak manajemen menuju karyawan.

Hal ini penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan agar karyawan selalu tahu perkembangan terbaru pada manajemen, menciptakan wadah untuk memberikan masukan dan diskusi, serta membantu membentuk budaya kerja dalam organisasi perusahaan.

“Facebook dibuat untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, sedangkan Facebook Workplace dibuat untuk menghubungkan dunia di tempat kerja,” kata Director APAC Workplace from Facebook, Vicky Skipp, melalui keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Ia menambahkan, perusahaan bertujuan untuk membantu organisasi guna menciptakan komunitas yang terkoneksi sebagai lever untuk mengubah cara kerja mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Fitur Facebook Workplace

Facebook Workplace yang merupakan aplikasi sosial intranet untuk internal perusahaan menawarkan berbagai fitur seperti Workplace Group (FB Groups), WorkChat (Messenger), panggilan audio dan video bawaan, akses ke profil profil karyawan, Event, dan Live video.

Workplace tidak hanya berbasis browser komputer, namun juga bisa ditemukan di App Store atau Play Store pada smartphone. Selain itu, Facebook Workplace memungkinkan perusahaan menjangkau para karyawan frontliner dan non-desk yang selama ini seringkali tidak terhubung dengan perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang berfokus di bidang transformasi Cloud, kami ingin menghadirkan sebuah solusi baru untuk komunikasi internal dalam perusahaan,” ujar General Manager PointStar Indonesia, Natanael Sibarani.

Ia berharap dengan adanya Workplace dari Facebook bisa memudahkan perusahaan-perusahaan yang ingin menerapkan sistem kerja hybrid, sehingga para karyawan dapat berbagi informasi terbaru mengenai perkembangan bisnis, best practice, peluncuran produk terbaru, pencapaian target, dan berbagai proses bisnis lainnya.

3 dari 4 halaman

Multi-Company Groups

Facebook menyatakan bahwa Workplace memiliki fitur-fitur terbaik dari Facebook, seperti News Feed serta kemampuan untuk membuat konten dan berbagi di Group.

Fitur lainnya seperti Live, Reactions, Search, Trending posts, dan Chat sehingga para karyawan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan kerja mereka dalam waktu sama dari manapun mereka bekerja.

Dalam Facebook Workplace juga terdapat fitur yang disebut sebagai Multi-Company Groups, yang merupakan suatu wadah untuk para karyawan dari perusahaan yang berbeda.

Fitur Multi-Company Groups memungkinkan para karyawan dari perusahaan yang berbeda untuk berkolaborasi dalam mengerjakan proyek yang sama.

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.