Sukses

Perbaikan Layar iPhone 13 Tak Resmi Bakal Rusak Fungsi Face ID

Perbaikan layar iPhone 13 di tempat servis pihak ketiga akan merusak fungsi Face ID.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu yang berencana membeli iPhone 13 series perlu tahu, ketika layar iPhone 13 rusak mereka harus memperbaikinya di service center resmi Apple.

Kalau pakai layanan servis pihak ketiga, bisa-bisa fungsi Face ID di iPhone 13 tidak dapat lagi digunakan.

Informasi ini berdasarkan laporan dari iFixit, perusahaan penyedia pembongkaran perangkat konsumen sekaligus situs web e-commerce.

Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (6/11/2021), iFixit yang melakukan pembongkaran terhadap iPhone 13, menemukan, perbaikan layar iPhone 13 melalui layanan pihak ketiga akan merusak Face ID.

Menurut situs web, iFixit kerusakan Face ID karena komponen mikrokontroler berukuran Tic-Tac yang ditemukan di bagian bawah layar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusak Fungsi Face ID

"iPhone 13 dipasangkan ke layarnya menggunakan mikrokontroler kecil ini, dalam kondisi yang sering disebut teknisi perbaikan sebagai 'serialisasi', Apple belum menyediakan cara bagi toko pihak ketiga untuk memasangkan layar baru," kata iFixit.

iFixit mencatat, hanya bengkel servis resmi dan teknisi yang memiliki akses ke software resmi yang memungkinkan mereka untuk menyinkronkan nomor seri.

3 dari 4 halaman

Software Resmi Apple

"Teknisi resmi dengan akses propiertary software, Apple Service Toolkit 2, dapat membuat layar baru berfungsi, dengan mencatat perbaikan ke server cloud Apple dan menyinkronkan nomor seri ponsel dan layar," kata iFixit.

Itu artinya, meski pengguna bisa mendapatkan penggantian layar baru dari servis pihak ketiga, hal tersebut akan mengorbankan fitur penting iPhone, yakni FaceID.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone 13

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.