Sukses

Bill Gates Bicara Perlunya Penelitian untuk Hadapi Ancaman Pandemi di Masa Depan

Bill Gates mengatakan, dunia perlu melakukan penelitian dengan biaya yang besar untuk bekal menghadapi pandemi di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Bill Gates berpendapat dunia butuh riset dengan dana miliaran dolar AS untuk memastikan kesiapan manusia menghadapi pandemi berikutnya.

Menurut Bill Gates, pandemi yang mungkin terjadi di masa depan bisa jadi lebih parah ketimbang pandemi Covid-19.

Pendapat Bill Gates ini ia kemukakan berdasarkan angka kematian yang begitu besar dan mengerikan akibat virus Corona.

Berkaca dari hal tersebut, Bill Gates berpendapat, pendanaan penelitian dan proyek-proyek untuk vaksin, tes diagnostik, hingga perawatan harus lebih besar.

Dengan begitu, manusia bisa mengatasi pandemi yang mungkin terjadi berikutnya, dengan lebih baik.

Mengutip The Guardian, Jumat (5/11/2021), dalam wawancara dengan mantan Menkes Inggris Jeremy Hunt, Bill Gates mengatakan, anggaran penelitian dan pengembangan harus fokus pada kelemahan yang terpapar oleh penyebaran cepat Covid-19 di seluruh dunia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bicara Tentang Vaksin

"Anda tahu, kami tidak memiliki vaksin yang bisa memperkecil penularan. Kami mendapat vaksin yang membantu kesehatan Anda, tetapi hanya sedikit mengurangi penularan. Kita membutuhkan cara baru dalam melakukan vaksinasi," katanya.

Menurut Bill Gates, vaksin Covid sebagian mencegah penularan virus tetapi lebih efektif mencegah penyakit parah.

Panel ahli efektivitas vaksin memperkirakan perlindungan terhadap infeksi adalah 65 persen setelah dua kali suntikan AstraZeneca dan 75 persen setelah dua dosis Pfizer.

3 dari 4 halaman

Pernah Bicarakan Pandemi di 2014

Kedua vaksin ini menawarkan 95 persen perlindungan terhadap mereka yang dirawat inap. Namun, kekebalan berkurang seiring waktu.

Bill Gates menyesali kurangnya pengobatan yang efektif untuk Covid-19. Ia juga mengkritisi kegagalan pengujian diagnostik dan berjalan ke titik yang bisa menurunkan tingkat kematian.

Sebelumnya, Gates memperingatkan pada 2014 dalam Ted Talk, bahwa dunia belum siap untuk menghadapi pandemi.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Bill Gates

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.