Sukses

Grab Siapkan Sejumlah Program Dorong Pariwisata Bali

Grab kembali menjadi mitra strategis Kemenparekraf untuk ikut mendorong kampenye dibukanya kembali pariwisata di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Grab kembali menjadi mitra strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung kampanye pembukaan akses Bali sebagai sebagai destinasi wisata secara luas, termasuk wisawatan asing.

Bentuk dukungan itu dihadirkan dengan sejumlah promosi layanan, baik transportasi, layanan e-health, pesan antar makanan, serta paket liburan. Selain itu, Grab juga akan memberikan pengalaman wisata dengan protokol kesehatan ketat dari GrabProtect.

"Kami harap kontribusi dari Grab dapat memberikan dampak positif untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di Bali," tutur Director of Central Public Affairs, Grab Indonesia, Tirza R. Munusamy dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (4/11/2021).

Grab sendiri menghadirkan kampanye Serbu: Seru-Seruan Liburan untuk menyambut wisatawan yang hadir di Bali. Kampanye ini hadir dalam bentuk paket Grab Serbu Paket Liburan yang terdiri promosi untuk layanan GrabFood, GrabRental dan GrabJastip, lalu ada penawaran spesial dari mitra destinasi wisata.

Tidak hanya itu, Grab juga menghadirkan program GrabAcademy sebagai bentuk pelatihan bagi mitra pengemudi agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada wisatawan. Dengan pelatihan ini, mitra pengemudi diharapkan memiliki pemahaman lebih baik tentang kebutuhan dan harapan wisatawan di Bali.

"Sinergi dan inisiatif yang mencakup berbagai aspek layanan pariwisata ini, diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan bisnis UMKM industri pariwisata dan kreatif Bali," tutur Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Grab, Emtek, dan Bukalapak Mulai Program Percepatan Digitalisasi UMKM di Kupang

Sebelumnya, Grab, Emtek, dan Bukalapak baru saja meluncurkan program Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan). Program ini merupakan akselerator ekstensif yang menargetkan UMKM di kota kecil di seluruh Indonesia.

Program ini berfokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital (onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak), serta pemberdayaan UMKM lewat pelatihan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Sebagai langkah awal, program digitalisasi UMKM ini dimulai di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan akan berlanjut secara bertahap di Solo, Gowa, Malang, dan Pekanbaru hingga akhir Desember 2021. Program ini menargetkan dapat menjangkau 10.000 UMKM.

"Grab bersama Emtek dan Bukalapak ingin merangkul UMKM terutama yang ada di kota-kota kecil, agar mereka tidak hanya dapat menggunakan teknologi dan memperoleh manfaat dari ekonomi digital, tapi mereka dapat menjalankan usaha di platform yang aman dan terpercaya," tutur Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (14/10/2021).

Sementara itu, Managing Director Emtek, Sutanto Hartanto, menuturkan kolaborasi strategis ini akan memperluas penawaran digitalisasi bagi UMKM melalui platform di dalam ekosistem Emtek, mulai dari logistik, inklusi keuangan, hingga awareness.

"Kolaborasi ekosistem digital milik Emtek dan Grab akan memberikan akses lebih lengkap kepada para UMKM yang ada pada platform kami mulai dari logistik bahkan hingga keuangan inklusif, melalui platform Mitra Bukalapak dan GrabKios contohnya. Sementara jaringan media Emtek berperan meningkatkan awareness, baik bagi para pelanggan maupun pelaku UMKM untuk penggunaan platform digital secara maksimal," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Program yang Digelar Grab, Emtek, dan Bukalapak

Nantinya, dengan tiga prioritas yang menjadi fokus, masing-masing pihak akan menggabungkan keahlian untuk melatih sekaligus mendampingi UMKM. Karenanya, sekitar 100 UMKM terpilih di Kupang dan Solo akan menerima sejumlah hal, sebagai berikut:

  • Pelatihan khusus tentang pengelolaan bisnis yang dimentori Grab dan Bukalapak
  • Pendampingan gratis selama satu bulan dari sisi desain, pengemasan, hingga pemasaran melalui media sosial dan influencer
  • Iklan gratis di platform Grab maupun Bukalapak
  • 5 UMKM terpilih akan mendapat publikasi di jaringan media Emtek Group

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.