Sukses

Pengguna Mac dengan Prosesor Intel Keluhkan Masalah Usai Pakai macOS Monterey

Menurut penelusuran MacRumors, sejumlah pengguna Mac dengan prosesor Intel mengeluhkan adanya masalah usai memasang macOS Monterey.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna perangkat Mac lawas dilaporkan mengalami masalah setelah melakukan pembaruan ke macOS Monterey. Berdasarkan penelusurun MacRumors, masalah yang ditemui pengguna pun cukup beragam.

Beberapa di antaranya adalah perangkat yang tidak bisa menyala hingga port yang tidak dapat berfungsi. Masalah ini dilaporkan terjadi sejumlah model lawas MacBook Pro, Mac Mini, dan iMac yang masih menggunakan prosesor Intel.

Sementara seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (3/11/2021), perangkat baru yang menggunakan prosesor Apple sejauh ini tidak terdampak masalah tersebut. Namun hingga sekarang, Apple belum memberikan tanggapan mengenai masalah ini.

Masalah serupa sebenarnya tidak hanya dialami oleh macOS Monterey. Saat Windows 11 meluncur beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna yang memakai perangkat dengan prosesor AMD juga mengeluh hal serupa.

Dalam beberapa kasus, Windows 11 yang dipasang pada PC dengan prosesor AMD ternyata berakibat pada menurunnya performa. Salah satu masalah yang dihadapi pengguna adalah L3 cache latency yang mencapai tiga kali lpat.

Lalu, Windows 11 juga bermasalah dengan teknologi 'preferred core' AMD yang digunakan untuk memindahkan thread ke core tercepat pada sebuah prosesor. Karenanya, pengguna akan merasakan masalah kinerja, khususnya pada prosesor dengan delapan inti.

Kendati demikian, Microsoft dan AMD sudah menggulirkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut sekitar minggu lalu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Gulirkan macOS Monterey untuk Mac, Bawa Perubahan Apa Saja?

Apple baru saja menggulirkan macOS 12 Monterey untuk perangkat Mac yang kompatibel, baik yang memakai prosesor Apple maupun Intel. macOS versi terbaru ini sudah dapat diunduh melalui Mac App Store.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (26/10/2021), macOS versi terbaru ini hadir dengan sejumlah fitur anyar dan peningkatan. Salah satunya adalah kehadiran fitur SharePlay yang juga hadir di iOS dan iPadOS.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menonton film atau serial TV serta mendengarkan musik bersama orang lain melalui panggilan FaceTime.

Sementara untuk layanan FaceTime sendiri, sistem operasi paling anyar ini mendatangkan sejumlah fitur baru seperti Spatial Audio, Voice Isolation, Wide Spectrum, dan Portrait Mode.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain di macOS Monterey

Apple juga membenamkan fitur Universal Control di macOS 12. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengontrol layar Mac dan iPad secara bersamaan dengan satu keyboard atau mouse.

macOS Monterey juga dibekali sejumlah fitur yang ada di iOS 15, yakni Live Text dan Visual Look Up.

Lalu pada macOS terbaru ini pengguna juga akan mendapatkan fitur Focus yang memungkinkan menentukan personalisasi notifikasi tergantung kegiatan yang sedang dilakukan.

Perubahan juga terlihat pada Safari di macOS Monterey. Kini, peramban tersebut hadir dengan tampilan lebih baru dan segar, peningkatan proteksi privasi, dan manajemen tab yang lebih baik.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.